Berita Utama

Yoppy Epmbai Sabet Emas di Lomba Lari 400 Meter

Merauke - Yoppy Epmbai, 17 tahun salah satu atlet lari dari Kabupaten Asmat, berhasil menyabet medali emas usai menjuarai pertandingan cabang olahraga atletik khusus lomba lari jarak 400 meter dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan pertama.

Dalam waktu 54.68 detik, lomba lari yang digelar di Lapangan atletik Universitas Negeri Musamus Merauke pada Kamis (2/11/2023) itu berhasil diselesaikan lebih cepat oleh Yoopy. Siswa SMA YPPGI Agats ini meninggalkan lawan-lawannya di estafet 200 meter. Sementara di peringat ke II atlet asal Kabupaten Mappi Vinsesius Jamkabagaimu, disusul peringkat ke III atlet asal Kabupaten Merauke Yeheskiel Bifak. 

Kepala Dinas Pendidikan Asmat, Barbalina Toisuta memberikan apresiasi kepada siswa kelas II SMA itu. Ia tidak menyangka jika salah satu atlet dari Kabupaten Asmat dapat menorehkan prestasi di cabang olahraga atletik. 

Yoppy Epmbai pemenang lari 400 meter asal Kabupaten Asmat.

"Kita bersyukur, karena anak-anak Asmat mampu bersaing pada Cabor atletik. Padahal kita tahu sendiri di Asmat tidak ada lapangan atau lintasan lari. Pencapaian Yoppy Epmbai tentu memotivasi atlet-atlet Asmat lainnya untuk lebih berkompetisi. Ini juga mendorong pemerintah untuk lebih meningkatkan bidang-bidang olahraga yang berpotensi," kata Toisuta.

Dia menambahkan, di cabang olahraga atletik Asmat hanya mengirimkan 6 atlet untuk katagori lari dan dengan meraih medali emas di Cabor atletik khusus lomba lari 400 meter, maka perolehan medali emas Kabupaten Asmat bertambah. Sebelumnya Kabupaten Asmat meraih 10 medali emas di cabang olahraga bulutangkis.(Get)