Berita Utama

Biro POK2R PPS Adakan Sosialisasi Administrasi Kepala Daerah dan DPRD

Merauke - Biro Pemerintahan Otonomi Khusus dan Kesejahteraan Rakyat (BPOK2R) Provinsi Papua Selatan menyelenggarakan Sosialisasi Administrasi Kepala Daerah dan DPRD Provinsi Papua Selatan Tahun 2023.

Dasar pelaksanaan adalah UU nomor 14 tahun 2022 tentang pembentukan Provinsi Papua Selatan dan UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah tentang pembentukan perangkat daerah di Provinsi Papua Selatan serta SK Gubernur PPS tentang susunan Tim Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Administrasi Kepala Daerah dan DPRD se PPS tahun 2023

"Tujuan kegiatan untuk mewujudkan koordinasi dan meningkatkan pemahaman bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang melakukan pelayanan administrasi kepala daerah dan DPRD di tingkat Provinsi dan kabupaten sesuai ketentuan yang berlaku," kata Karmin Eko Ewador selaku Ketua Panitia dalam laporannya, di Careinn Merauke, Kamis (23/11/2023). 

Asisten 1 Setda Papua Selatan Membuka Pelaksanaan Sosialisasi Administrasi Kepala Daerah dan DPRD.

Selain itu, tujuan berikut adalah memperkenalkan Sistem Informasi Online Layanan Informasi Administrasi (SIOLA) Kemendagri dan diharapkan di tahun 2024 dapat terwujud dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan administrasi kepala daerah dan DPRD Provinsi Papua Selatan, sebagai bentuk komitmen bersama antara Pemprov dan kabupaten. 

"Sosialisasi ini juga diharapkan memberi dampak positif yakni para kepala daerah dapat melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat," ucap Asisten 1 Setda Provinsi Papua Selatan, Drs. Agustinus Joko Guritno pada kesempatan tersebut.

Salah satu pemateri dari Kementrian Dalam Negeri via zoom dan dihadiri perwakilan pimpinan OPD dan sekretaris dewan empat kabupaten cakupan Provinsi Papua Selatan.(Get)