Berita Utama

Pemda Boven Digoel Usulkan 500 CPNS ke Pusat

 
Pemerintah Daerah Kabupaten Boven Digoel, Papua mengusulkan 500 orang calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke tingkat pusat yang akan mengikuti penerimaan di tahun 2018. Dari 500 tersebut, 70 untuk kuota orang asli Boven Digoel dan 30 untuk pendatang.
 
Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop mengatakan, secara nasional kuota yang ditetapkan 60:40 namun pemkab Boven mengusulkan 70:30 agar tidak menimbulkan kesenjangan sosial karena anak asli tidak diberi ruang.
 
"Secara nasional 60:40 tapi kita minta ke kementrian supaya bisa 70:30. Dan Boven Digoel mengusulkan 500 CPNS yang ikut dalam penerimaan 2018," kelas Benediktus di Merauke.
 
Berdasarkan pantauan media ini dalam informasi yang dikeluarkan di Metro TV belum lama ini, pendaftaran penerimaan CPNS 2018 berbeda dengan tahun sebelumya. Pendaftaran hanya menggunakan satu portal nasional sscn.bkn.go.id dimana website ini hanya dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).
 
Semua pendaftaran dan penginputan dokumen hanya melalui 1 situs saja. Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan dalam komentarnya menyampaikan, pembukaan pendaftaran penerimaan CPNS 2018 akan dibuka pada minggu ke 4 bulan Juli.
 
"Terbanyak akan kita ambil dari tenaga guru dan kesehatan. Selain itu, formasi teknis yang sesuai dengan nawacita Jokowi dan potensi daerah," jelas Kepala Biro Humas BKN.