Berita Utama

93 Atlet Pencak Silat Bertarung di POP SMA/SMK Papua Selatan 2024

Merauke - Sebanyak 93 atlet Pencak Silat dari empat kabupaten ikut bertanding di Pekan Olahraga Pelajar SMA/SMK Provinsi Papua Selatan 2024.

Selasa, (23/4/2024) Cabor Pencak Silat mulai bertanding di Gor Futsal Merauke dibuka oleh Sekretaris Panitia POP SMA/SMK Papua Selatan Franklin Halamury.

"Peserta pencak silat pelajar yang hadir ada 93 orang dari 8 perguruan," sebut Franklin kepada wartawan.

Meski baru pertama kali POP dilakukan namun antusias peserta sangat banyak untuk tampil dan membuktikan kemampuannya di hadapan lawan, wasit dan tim talent scouting. Tim talent scouting bertugas memilih peserta yang punya kemampuan lebih guna persiapan iven selanjutnya.

Pemukulan gong oleh Sekretasis Panitia POP SMA/SMK Papua Selatan 2024, Franklin tanda dimulainya pertandingan Cabor Penca Silat. 

"Sebenarnya dari kabupaten-kabupaten ingin mendatangkan atlet sebanyak-banyaknya cuma terkendala dana. Ini masih awal dan ke depan kita persiapkan lebih baik untuk melibatkan lebih banyak peserta," tutur Franklin. 

Mengingat Cabor yang satu ini berkaitan dengan sentuhan fisik, Sekretaris POP mengingatkan seluruh peserta tetap mengutamakan keselamatan diri maupun lawan dan junjung tinggi sportifitas tanpa dendam atau amarah. 

Dewan penasihat Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Merauke Hasym Busroni saat pembukaan memberikan motivasi dan dukungan semangat kepada pelajar yang sudah diutus mewakili sekolah dan daerah. 

Selain prestasi yang didapat, dalam setiap iven yang diikuti menjadi ajang mengenal satu sama lain, silaturahmi, berbagi pengetahuan dan memupuk persatuan dan persaudaraan sebagai anak bangsa di Papua Selatan.(Get)