Berita Utama

Pangdam XVII/Cenderawasih: Sudah 80 Persen Kesiapan HUT TNI Di Merauke

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit mengatakan, kesiapan dalam rangka pelaksanaan HUT TNI ke-73 tahun 2018 di Merauke, Papua sudah mencapai 80 persen. Hal ini dikatakannya usai penijauan lokasi pusat kegiatan di areal Bandara Mopah, Rabu  (05/08).
 
Dalam kunjungan sekaligus peninjauan itu didampingi Panglima Koarmada III, Laksamana Gede Ariawan, Pangkops AU III, Marsekal Madya TNI Tamsil Gustari Malik dan Komandan Pasmar III Korps Marinir, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Amir Faisol.
 

"Kunjungan hari ini meninjau tempat untuk kegiatan HUT TNI, dari sisi lapangan upacara dan parade serta persiapan lainnya. Perencanaan awal sudah dipaparkan di Mabes TNI. Direncanakan 3-4 jam kita memakai areal bandara," tutur Pangdam kepada wartawan.

 
Katanya, semua kesiapan sudah mencapai 80 persen, tersisa persiapan akhir pemasangan tenda. Rangkain kegiatan diawali dengan bedah rumah sebanyak 16 unit. Diperuntukkan bagi veteran lima unit, Warakawuri 7 unit dan 4 unit buat masyarakat.
 
Selanjutnya, pada saat H-1 dilakuka bakti sosial pengobatan masal gratis di seputaran Bandara dan hari halnya dilangsungkan upacara, demonstrasi terjun payung, drama kolosal mengangkat cerita tentang pahlawan Papua di Merauke dan bela diri militer TNI AD, AL dan AU.
 
"Khusus alutsista, keputusan terakhir kita tidak menggeser kesini, pertimbangan jangkauan dan cuaca, demi kemanan.  Kecuali untuk kebutuhan perang mungkin kita tidak ada alasan, mau hujan badai tetap kita tempuh," terangnya.
 
Tinjauan tersebut dihadiri Wakil Bupati Merauke, Sularso, pimpinan TNI/Polri dan jajarannya serta awak media.