Berita Utama

Nelayan Merauke Diberikan Pembinaan Dalam Menjaga Keselamatan Di Laut

Satuan Polisi Air Polres Merauke, memberikan pembinaan dan tata cara menjaga keselamatan bagi para nelayan saat melakukan aktivitas diperairan Merauke.
 
Kasat Polisi Air, AKP. Sakka, SH mengatakan, yang lebih ditekankan menyangkut kelengkapan keselamatan, dokumen pelayaran dan kelayakan kapal.
 
"Kita sering temukan kecelakaan karena kapalnya tidak layak, kapal tenggelam mereka tidak bisa bantu diri sendiri karena tidak dilengkapi dengan pelampung dan yang tidak lengkap dokumennya. Sehingga menghambat mereka dalam proses mencari nafkah di laut," jelas AKP. Sakka di Pantai Lampu Satu Merauke, Kamis (08/11).
 
Sosialisasi ini diharapkan nelayan Merauke berkembang secara baik, taat terhadap aturan dan bisa melaut dengan aman. Sekaligus nelayan Merauke dihimbau ikut mengawasi masuknya para nelayan asing atau terjadinya penyeludupan di laut.
 
Secara data, hampir 700 kapal nelayan di Merauke sebagian besar banyak yang belum melengkapi dokumen. Alasannya, sebagian dari mereka belum memahami prosedur pengurusan dokumen kapal. 
 
"Sehingga semua instansi terkait dilibatkan dalam memberikan pemahaman mengenai aturan dan ketentuan yang wajib diketaui dan dipatuhi para nelayan."(geet)