Berita Utama

Pemda Merauke Akan Lakukan Operasi Yustisi KTP

Bupati Merauke Frederikus Gebze mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke akan melakukan operasi yustisi atau pemeriksaan kartu tanda penduduk (KTP) bagi warga Merauke.
 
Hal ini dilakukan untuk memastikan masyarakat sudah memiliki KTP sebagai warga Merauke atau belum. Semua masyarakat harus terdata meiliki KK dan terutama yang wajib KTP harus sudah miliki.
 
"Kenapa kita lakukan, karena ini menyangkut beban biaya ekonomi kita di daerah. Kalau dia tidak masuk dalam data maka akan muncul besarnya biaya tak terduga," jelas Frredy, Selasa (27/11).
 
Bupati Merauke mengancam akan mengembalikan warga pendatang yang tinggal di Merauke dan belum memiliki KTP. Sehingga kedepannya Merauke akan lebih tertib dan sadar administrasi kependudukan.
 
Banyaknya kejadian yang menggangu stabilitas sosial di Kota Merauke akhir-akhir ini menjadi dorongan agar pemda lebih tertib terhadap semua warga yang yang datang dan tinggal di Merauke.
 
Menurutnya, seluruh warga negara Indonesia boleh tinggal dimana saja tapi harus mengetahui dan taat aturan. Untuk itu, dalam waktu dekat pelaksanaan yustisi akan dilakukan setelah rapat bersama muspida Merauke.
 
"Datang di Papua lalu bikin masalah dan menggangu ketentraman disini maka kita harus pulangkan dengan cara apapun," tambahnya.(geet)