Berita Utama

KPPN Merauke Serahkan DIPA Tahun 2019 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Merauke menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Penyerahan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), Selasa (18/12) di Ballroom Megaria Merauke.
 
DIPA dan Alokasi TKDD, sebagai dokumen yang menjadi dasar pengeluaran negara, pencairan atas beban APBN serta pendukung kegiatan akuntansi pemerintahan. Penyerahan ini dilaksanakan sebelum dimulainya tahun anggaran 2019 dengan harapan program dan kegiatan 2019 dapat segera dilaksanakan dan manfaatnya bisa lebih cepat dirasakan oleh masyarakat.
 
"APBN tahun 2019 bertemakan APBN untuk mendorong investasi dan daya saing melalui pembanguanan SDM. Mobilisasi pendapatan akan dilakukan secara realistis untuk menjaga iklim investasi tetap kondusif," ucap Kepla KPPN Merauke, Alexander Budi Dayantoro dalam pembukaan kegiatan.
 
Selain itu, belanja negara yang produktif akan diarahkan untuk mendorong peningkatan SDM, pengutan program perlindungan sosial, penyelesaian pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi serta penguatan desentralisasi fiskal.
 
Disampikan, hasil pelaporan para pengelola anggran di KPPN Merauke sangat baik di tahun 2018. Namun, pagu DIPA yang dikelola KPPN Merauke tahun 2019 menurun 1,9 triliun dari 2,3 triliun di tahun 2018.
 
"Penurunan sekitar 465 miliar. Kemungkinan karena pembangunan infrastruktur jalan yang sudah mulai bagus dan jalan trans Papua sudah mencapai tahap finishing," ucapnya.
 
Kepala KPPN Merauke menyebutkan,  sampai hari ini, belanja barang di lingkup KPPN Merauke baru mencapai 77,65 persen, masih ada 500 miliar yang belum terealisasi. Lebih parah lagi, belanja modal sampai hari ini belum terserap 774 miliar.
 
'Untuk itu, diharapkan di tahun 2019 nanti para satuan kerja pengelolaan DIPA di KPPN Merauke bisa berjalan lebih cepat, lebih baik dan tidak ada permasalahan dalam pengelolaan DIPA tersebut," ucapnya lagi.
 
Instansi penerima DIPA dimaksud adalah Kejaksaan Negeri Merauke, Polres Asmat, Pengadilan Agama, Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Balai Wilayah Sungai, Bandara Mopah, Stasiun Meteorologi Mopah dan Pelaksanaan Jalan Nasional II Merauke.(geet)