Berita Utama

Bersama Tenaga Relawan, KPU Merauke Memantapkan Persiapan Logistik Pemilu

55 tenaga relawan demokrasi dipersiapkan membantu memantapkan persiapan logistik di KPUD Merauke. Setelah sebelumnya para relawan ini menjalankan tugas yakni melakukan sosialisasi pemilu di 10 basis.
 
Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilu KPU Merauke, Syahmuhar Zein mengatakan, kekurangan logistik yang sementara dikirim dari Provinsi membutuhkan tenaga untuk mengemas sebelum didroping ke daerah pemilihan.
 
"Sehingga pendistribusian logistik bisa berjalan sesuai dengan waktu," jelas Syahmuhar, Selasa (02/04/2019).
 
Menurutnya, dengan waktu pencoblosan sudah semakin dekat, sangat membutuhkan personil untuk membackup tugas penyelenggara Pemilu. Sebab, 10 hari sebelum pencoblosan, logistik pemilu sudah harus sampai di daerah-daerah pemilih.
 
Lanjut dia, hasil evaluasi kinerja relawan dalam menjalankan tugas terlihat sangat efektif di lapangan.
 
"Sosialisasi pemilu sudah gencar dilakukan oleh relawan. Mereka sudah jalankan sampai di tiga Dapil, itu batas maksimalnya. Selanjutnya, kita harapkan Kesbangpol dan RRI dengan jangkauan penyiarannya bisa masuk ke pelosok-pelosok untuk menyampaikan informasi Pemilu," tambah Syahmuhar Zein.
 
Sedangkan Kesbangpol, dengan kemampuan anggaran yang sudah tersedia dapat menjalankan sosialisasi ke kampung-kampung. Begitu pula, peran media massa dalam membantu sosialisasi dimaksud.
 
"Sekitar 89 persen pelaksanaan sosialisasi yang sudah dilakukan oleh kami dari KPU Merauke. Bersinergi dengan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) agar menjalankan di tingkat distrik dengan kemampuan anggaran," tandasnya.(geet)