Berita Umum

Edukasi JKN Penting Bagi Masyarakat

Staf ahli bupati Merauke bidang ekonomi dan keuangan, Ruslan Ramli mengatakan, edukasi publik terkait Jaminan Sosial Nasional (JSN) sangat penting untuk masyarakat Merauke.

Ia mengatakan, dengan edukasi publik, berbagai kasus yang mengecewakan masyarakat dapat segera teratasi dan kasus yang terjadi di daerah lain, dapat dicegah.

“Kita tidak mau kasus yang terjadi terus terulang. Seluruh masyarakat perlu memahami tentang sistem jaminan sosial, yang diamanatkan oleh konstitusi,” kata Ramli dalam sambutannya ketika membuka kegiatan edukasi JSN, Rabu (25/10) di salah satu hotel di Merauke.

Menurutnya, pemerintah daerah selalu berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan. Secara khusus, juga mengupayakan tahun ini seluruh pegawai honorer di Pemkab Merauke disubsidi pemerintah untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Bahkan masyarakat tidak mampu sudah tercover melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Pemkab secara konsisten tidak ingin ada warga Merauke yang tak tercover, baik dalam kesehatan maupun ketenagakerjaan,” ujarnya.

Akademisi, praktisi, dan pers diminta melakukan kajian informasi secara proposional, profesional agar masyarakat benar-benar mengerti manfaat BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.