Berita Utama

Songsong HUT RI, Anak Usia Sekolah Akan Dilibatkan Dalam Perlombaan

Menyambut HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2019, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke akan menggelar berbagai lomba. Selain diikuti oleh masyarakat umum, perlombaan lebih difokuskan kepada anak usia sekolah untuk menanamkan semangat nasionalisme kepada generasi muda agar lebih mencintai tanah air dan bangsa.
 
Sejarah HUT RI ini mengingatkan kembali tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari para penindas. Karena itu, sejarah ini harus ditanamkan kepada anak negeri sejak dini agar mereka memahami arti perjuangan pahlawan untuk meraih kemerdekaan.
 
"Sehingga, HUT kali ini kita lebih banyak libatkan anak usia Sekolah Dasar di 11 kelurahan dan lima kampung," jelas Kepala Distrik Merauke, Kristian Ndiken, Kamis (01/08/2019).
 
Lanjutnya, panitia lomba akan menyesuaikan dengan dana yang tersedia. Perlombaan yang akan diperlombakan bagi anak-anak yaitu lomba lari karung, makan kerupuk dan joget berhadiah. Sedangkan untuk masyarakat umum diadakan lomba panjat pinang.
 
Kesempatan yang sama, Kadsitrik menghimbau kepada masyarakat Distrik Merauke untuk memasang bendera dan umbul-umbul sebagai tanda penghargaan yang diberikan kepada para pahlawan yang telah gugur dan bangga akan keberhasilan melawan penjajah hingga memproklamirkan kemerdekaan RI.
 
"Ini pesta kita bersama maka harus ada partisipasi aktif sebagai warga negara Indonesia yang baik. Kita tunjukan rasa cinta dan hormat kita sebagai orang Indonesia."
 
Ia juga mengajak semua pihak tetap menjaga keamanan dan kedamaain di lingkungan tempat tinggal masing-masing.(geet)