Berita Utama

PLN ITS Explore Indonesia Tiba di Merauke

Perjalanan Mobil Listrik "Kasuari" bertajuk PLN ITS Explore Indonesia telah sampai ke perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea di Sota, Kabupaten Merauke, Jumat, 2 Agustus 2019. Perjalanan tersebut menempuh sekitar 14.000 km dari awal dilepas dari Surabaya hingga sampai ke Merauke.
 
Kegiatan ini merupakan kerja sama antara PLN dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk memperkenalkan sekaligus melakukan uji coba mobil listrik keliling Indonesia. Dalam pembuatannya 80% komponennya merupakan karya anak bangsa.
 
"Perjalanan kami hingga sampai ke Merauke ini dimulai pada Desember 2018. Selama kurang lebih 8 bulan kami telah melewati pulau-pulau besar di Indonesia, mulai dari ujung barat hingga tiba di sini (Merauke)", ujar Ketua Tim PLN ITS Explore Indonesia, Agus Mukhlisin.
 
Mobil Kasuari ini tiba di pelabuhan Merauke pada Kamis, 1 Agustus 2019 dan melakukan pengisian daya (charging) di PLN UP3 Merauke sebelum menuju Sota esok harinya dari Kantor Bupati Merauke. Perjalanan menuju perbatasan negara dilepas langsung oleh Bupati Merauke, Frederikus Gebze.
 
Menurut Agus Mukhlisin, mobil listrik ini diklaim lebih hemat energi ketimbang mobil konvensional pada umumnya. Sehingga, dari sisi biaya bahan bakar pun dapat lebih efisien.
 
“Untuk 1 kwh, mobil listrik bisa menempuh 5-6 km. Perbandingannya bila mobil konvensional berbahan bakar bensin menempuh 10 km, (dengan biaya yang sama) mobil listrik bisa sampai 25 km. Sementara untuk pengisian daya dari nol hingga terisi penuh membutuhkan waktu 4 jam”, paparnya.
 
Dengan potensi semakin berkembangnya kendaraan listrik di masa datang, PLN pun telah menyediakan SPLU (Stasiun Penyedia Listrik Umum) di banyak lokasi. Total PLN UIWP2B telah memasang 65 titik di Papua dan Papua Barat. Jumlah itu akan semakin bertambah seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan SPLU.
 
"SPLU ini digunakan untuk keperluan yang membutuhkan aliran listrik dan telah dipasang di tempat-tempat umum. Kita dapat mengecek lokasinya melalui aplikasi PLN Mobile", ujar Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UIWP2B, Widodo.(geet)