Berita Umum

Bupati Romanus Perjuangkan Penambahan Kuota Casis Polri Untuk Selatan Papua

Seperti diketahui, Calon Siswa (Casis) Polri tahun 2021 yang terverifikasi untuk mengikuti seleksi pemeriksaan kesehatan (Rikkes) untuk Selatan Papua awalnya berjumlah 394 orang.

 

Dari 394 ini, yang tidak memenuhi syarat sebanyak 24 orang termasuk sebagian Casis dari Polres Merauke, sehingga yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi di Polda Papua hanya 370 orang. 

 

"Kalau tidak salah kuota untuk Merauke 165. Saya dan Kapolres sudah bicara, kalau kuota Merauke bisa ditambah, kami minta kuota lagi dari Pak Kapolda. Kemarin saya berangkat, lalu kita meeting, kami minta ada kebijakan untuk anak-anak di Selatan Papua," demikian penyampaian Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT di Merauke, Minggu (23/05). 

 

Permintaan penambahan kuota dari Bupati Romanus, disambut baik Kapolda Papua, Irjen Mathius D. Fakhri di Jayapura dengan syarat, Casis harus memenuhi kriteria kelulusan, dan siswa sendiri juga harus tujukan kempauan atau skill yang baik.

 

"Pada dasarnya, kami terima kasih kepada Pak Kapolda bahwa ada perhatian. Kalau bisa diterima semua ya Puji Tuhan, Alhamdulillah. Kalau bisa 80 atau 50 persen, juga disyukri," imbuhnya.

 

Saat ini, para Casis yang lolos Rikkes di daerah melanjutkan tes di Polda Papua. Mencakup tes phisikologi, tes akademik, tes kesamaptaan jasmani, tes Rikkes kedua. Untuk diketahui, kuota penerimaan secara keseluruhan di Polda Papua tahun 2021 ini sebanyak 2.000 orang.