Berita Umum

Pembangunan Dermaga Merauke Rampung

Pembangunan perpanjangan dermaga pelabuhan laut Yos Soedarso Kabupaten Merauke, Papua dengan panjang 75×30 meter dan pengerjaannya oleh PT Hutama Karia, rampung sejak Desember 2017.

“Sementara masih dalam masa pemeliharaan dan pemasangan fixed cranedi atas dermaga. Fixed crane adalah alat bongkar muat barang dengan kecepatan 18-20 boks perjam,” kata Manager Operasi PT Pelabuhan Indonesia lV (Persero) Cabang Merauke, Papua, Silas Warfandu, Jumat (16/02).

Dengan alat ini, waktu sandar kapal di dermaga lebih sedikit dibanding sebelumnya, yang bisa hingga sepekan, karena sebelumnya hanya memakai alat kapal untuk menurunkan kontainer.

“Dengan kecepatan hanya 10-12 boks perjam. Setelah diganti memakai fixed crane, akan mempercepat proses bongkar muatan dan keberadaan kapal di Merauke,” ujarnya.

Kini, panjang dermaga mencapai 331 meter, dari sebelumnya 258 meter. Total anggaran dalam perpanjangan dermaga senilai Rp58 miliar 716 juta lebih.

“Kapasitas dermaga dalam waktu bersamaan sudah bisa digunakan tiga kapal, sandar bersamaan di dermaga Merauke,” katanya.