Berita Umum

Sistem kelistrikan PON XX di Merauke Telah Siap 100%

PLN bergerak cepat dan telah menyelesaikan pekerjaan kelistrikan untuk PON XX di Merauke. Rampungnya 100% pekerjaan sistem kelistrikan ini merupakan komitmen PLN untuk menyukseskan gelaran nasional empat tahunan tersebut.

 

Penyelesaian pekerjaan kelistrikan dilakukan di 5 venue pertandingan dan 5 lokasi wisma atlet. Sistem kelistrikan di seluruh venue, yakni Hotel Swissbel, Arena Balap Motor Tanah Miring, Stadion Katalpal, GOR KONI Hiad Sai dan Gedung Archelaus Sai telah selesai seluruhnya. Pun Mess Martadinata, Mess Musamus, Wisma Bunda Pengharapan, Mess Katalpal, Mess Kompi Senapan B dan Mess Ndoremkai yang rencananya akan dijadikan sebagai wisma atlet dari sisi kelistrikan telah siap.

 

Senior Manager Transmisi dan Distribusi PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW PPB), Yondri Zulfadli, dalam kunjungannya ke lokasi-lokasi tersebut menyampaikan bahwa pekerjaan kelistrikan untuk PON XX di Merauke telah rampung. 

 

“Pada prinsipnya kami telah siap. Pekerjaan kelistrikan sudah selesai 100 persen,” ujarnya, Senin (23/08).

Yondri menambahkan, dalam persiapan menghadapi PON XX pihaknya juga telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik dan pembangkit. Ini dilakukan untuk memastikan pasokan listrik dari pembangkit dapat teraliri dengan baik saat kegiatan nanti.

 

Sementara itu, di sisi ketersediaan daya, pembangkit listrik yang ada dirasa sangat cukup untuk menyuplai daya yang dibutuhkan selama PON XX berlangsung. 

 

"Beban puncak Kabupaten Merauke saat ini 24,2 MW, sedangkan total daya mampu pembangkit kami mencapai 46,5 MW. Dengan perkiraan kebutuhan daya untuk PON XX sekitar 3,4 MW, maka pembangkit kami masih sangat cukup," ucapnya.

 

Selain suplai dari pembangkit utama, PLN juga telah menyiapkan peralatan lain untuk mengamankan pasokan listrik di venue-venue pertandingan.

"Untuk di Merauke, kami juga telah menyiapkan 33 unit mobile genset kapasitas variatif antara 100 kW, 200 kW dan 500 kW. Kami juga menyediakan 2 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) 250 kVA dan 6 Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas 250 kVA dan 400 kVA yang akan dipasang di venue-venue pertandingan dan lokasi strategis lainnya. Dengan backup ini diharapkan tidak ada padam sama sekali saat kegiatan berlangsung," pungkasnya.

 

Kabupaten Merauke sendiri menjadi tuan rumah penyelenggaraan 6 cabang olahraga, yakni sepak bola putri, catur, bermotor, anggar, wushu dan gulat yang akan dilaksanakan di 5 venue berbeda. Dengan persiapan dan antisipasi yang matang, PLN berupaya memastikan keandalan suplai listrik untuk PON XX di Merauke dapat terjaga tanpa adanya gangguan. (Get)