Berita Utama

Lantamal XI Rayakan HUT ke-76 TNI AL Secara Sederhana dan Penuh Hikmat

Meski dirayakan secara sederhana, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021 berlangsung penuh kikmat, dipimpin Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Wurjanto M.Han, Jumat (10/09).

 

Upacara digelar di Lapangan Upacara Mako Lantamal XI dikomando Komandan Upacara Mayor Laut (P) Heri Susmanto, yang diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari pleton Pamen, pleton Pama, pleton Bintara, Tamtama, PNS Lantamal XI dan Yonmarhanlan XI.

 

Tema HUT TNI AL tahun ini adalah 'Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Kita Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.' Rangkaian kegiatan dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan, mengingat masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

"Peringatan hari ulang tahun TNI Angkatan Laut pada setiap tanggal 10 september merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kepada Bangsa dan Negara. Kendati di tahun 2021 ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun jiwa dan semangat kita sebagai prajurit Jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik," ucap Danlantamal membacakan amanat tertulis Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

 

Dikatakan, TNI Angkatan Laut lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

 

Untuk itu, Kasal mengajak segenap personil TNI AL senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa ta’ala, karena hanya atas limpahan Rahmat dan Karunia-Nya, personil TNI AL masih diberikan kesempatan untuk dapat memperingati hari jadi ke-76 TNI Angkatan Laut. Baik secara langsung di lapangan apel Denma Mabesal maupun di Kotama/Satker di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas.

Sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

 

"Oleh sebab itu, pada peringatan hari jadi ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021, TNI Angkatan Laut mengangkat tema: “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," ucapnya.

 

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan acara syukuran secara sederhana di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal XI. Hadir dalam kegiatan puncak acara tersebut antara lain Wadan Lantamal XI, Para Asisten Danlantamal XI, Dansatrol Lantamal XI, Para Kadis dan Kasatker Lantamal XI serta Pengurus Jalasenastri Korcab XI DJA III. (Get)