Berita Utama

PON Papua Klaster Merauke Dipastikan Berjalan Baik

Merauke, - Bupati Merauke Romanus Mbaraka memastikan bahwa penyelenggaran PON XX Papua Klaster Merauke berjalan baik, aman dan lancar.

 

Dikatakan, masyarakat dari empat kabupaten di Selatan Papua yaitu Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Asmat memiliki prinsip yang sama untuk mendukung suksesnya PON Papua. 

 

"Pada prinsipnya kami mendukung sekuat tenaga, semangat serta kerja keras dengan semua elemen untuk sukseskan PON di Tanah Papua," terang Bupati Merauke dalam Konferensi Pers di Media Center PON Papua Klaster Merauke, Kamis (30/09).

 

Lanjut disampaikan dari segi keamanan, pihak TNI dan Polri terus mengontrol terhadap seluruh kegiatan PON maupun aktifitas masyarakat pada umumnya di luar PON.

 

Komunikasi dengan tokok masyarakat, agama, pemuda dan tokoh adat maupun organisasi sosial dan politik juga terus dilakukan agar terjalin kerja sama yang baik dan bersama-sama berperan menjaga Merauke tetap aman.

 

Kesempatan yang sama, Dandim 1707/Merauke Letkol Czi Muh Rois Edi Susilo menyampaikan, untuk menjamin kemanan selama PON telah dikerahkan 1000 personil TNI-Polri yang ditempatkan di enam venue dan objek fital di Merauke.

 

"Kami menjamin kemanan di seluruh wilayah Merauke sehingga akan menciptakan suasana yang nyaman, aman dan damai," ungkap dia.

 

Lebih dari itu, rutin dilakukan kegiatan razia senjata tajam, minuman keras maupun barang atau obat-obat terlarang lainnya, sambung Waka Polres Merauke Kompol Leonardo Yoga.

 

"Kami sama sekali tidak mengabaikan prokes dan rutin razia demi terjaminnya kemanan dan kenyamanan pelaksanaan PON di Merauke," 

 

Sementara untuk menekan penularan Covid-19, sosialisasi serta imbauan penerapan protokol kesehatan gencar dilaksanakan. Bahkan TNI dan Polri bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat menyelenggarakan vaksinasi massal dengan target 70 persen warga Merauke sudah divaksin sebelum PON XX.

 

Target di atas sudah tercapai hingga 71 persen warga tervaksin saat ini. Apa lagi kesadaran masyarakat untuk divaksin dikatakan cukup tinggi yaitu secara sadar dan antusias membawa diri untuk divaksin.

 

"Target kita sudah tercapai bahkan sudah lebih jadi 71 persen yang sudah divaksin," sambung Kadiskes dr. Nevile Muskita.

 

Bahkan, lanjut Nevile kasus Covid-19 di Merauke sudah menurun drastis. Jika sebelumnya orang meninggal karena Corona dengan angka 5-9 dalam sehari, kini hanya pada 0-1 orang saja. (Get)