Berita Utama

Tim Catur Papua Disebut Punya Prestasi Luar Biasa

Merauke, - Dengan meraih dua medali emas, tiga perak dan dua perunggu, merupakan prestasi luar biasa bagi tim Cabor Catur dari Papua dalam event nasional PON XX Papua 2021 Klaster Merauke.

 

Pencapaian tersebut telah membawa nama Papua masuk urutan juara umum kedua Cabor Catur PON Papua. Menuju PON XXI nanti, Manager Tim Catur Papua H. Ariadi mengatakan, bahwa pihaknya punya formula mempersiapkan atlet junior dan pembinaan rutin bagi atlet berprestasi. Salah satunya adalah menyiapkan pelatih yang didatangkan dari luar Papua, guna memaksimalkan penampilan di masa mendatang dengan peningkatan medali yang lebih banyak lagi.

 

"Di Papua ini kita harus masyarakatkan catur. Untuk merangsang peminat baru, kita buka privat catur agar dapat lahirkan pecatura handal junior," demikian disampaikannya usai penutupan Cabor Catur di Swissbel Hotel Merauke, Rabu (13/10).

 

Dengan prestasi yang ditorehkan para atlet catur Papua, sangat diharapkan akan lebih besar lagi perhatian Pemprov Papua melalua KONI dan Dispora guna pengembangan atlet berprestasi ini maupun pendatang baru berbakat. Sebab menurutnya, olahraga catur selama ini hanya dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Tetapi dengan prestasi gemilang di PON Papua, diharapkan akan semakin membuka peluang lebih digemari masyarakat.

 

"Khusus junior-junior kita nanti, akan dibentuk dengan mendatangkan pelatih, kita akan didik bahkan ditryout supaya ke depan kita bisa mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi."

 

Lebih khusus lagi lebih banyak melibatkan pecatur asli Papua untuk mengharumkan nama Papua di masa mendatang. Sebab tidak ada yang tidak mungkin untuk meraih juara umum ketika didorong dengan kerja keras, kerjasama dan mempersiapkan secara matang melalui pelatihan yang cukup bagi para atlet.(Get)