930 Linmas Siap Amankan 465 TPS di Merauke

Berita » Detail

Berita Umum
06 Apr 2018 11:52
930 Linmas Siap Amankan 465 TPS di Merauke

Guna melihat kesiapan Linmas dalam rangka pengamanan pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua tahun 2018 dilaksanakan apel kesiapan, Kamis (5/4) di Lapangan Upacara Polres Merauke. Apel gelar kesiapan Linmas ini bertujuan sebagai sarana pengecekan terakhir atas kesiapan unsur pelaksana di lapangan khususnya di TPS pada saat pemungutan suara.

“Sekaligus sarana untuk lebih menyatukan serta membulatkan tekad dan semangat dalam menciptakan rasa aman bagi masyarakat saat pilkada dilaksanakan,” ucap Kapolres Merauke, AKBP.Bahara Marpaung,SH saat memimpin upacara tersebut. Disamping itu, kegiatan ini juga merupakan bukti kesungguhan aparat kepolisian Polda Papua dalam hal ini Polres Merauke yang bertanggung terhadap terhadap keamanan dan ketertiban dalam pemilu kada, Polri bersinergi dengan TNI,KPUD, Panwas, Kajari dan Linmas serta seluruh komponen masyarakat.

Untuk Kabupaten Merauke dari hasil pendataan sementara KPUD bahwa jumlah TPS sebanyak 465 TPS, dan setiap TPS dibutuhkan sebanyak 2 personil Linmas, sehingga di Merauke dibutuhkan 930 Linmas yang tersebar di TPS –TPS. Pada pelaksanaannya di TPS Linmas membantu kegiatan KPPS sehingga masyarakat merasakan kegiatan pemungutan suara secara Luber dan jurdil atau langsung, umum, bebas, rahasia dan jujur, adil.

Di TPS Polri melaksankan pengamanan secara langsung dan dibackup satuan TNI, pada pelaksanan Pilkada tersebut “Diprediksikan akan terjadi pelanggaran-pelanggaran atau hambatan antara lain terlambatnya penyaluran kotak suara, manipulasi perhitungan suara, politik uang, pemalsuan serta pelanggaran administrative lainnya,” ucapnya. Mengantisipasi jajaran Polres Merauke telah menyiapkan 387 personil, 100 personil Brimob, 100 personil TNI dan berbagai mitra Kamtibas lainnya.

Penulis

Ratna S.Sos

Kasie. Layanan Informasi Elektronik

Berita yang berhubungan
Komentar

Komentar tidak ada

Silahkan komentar


Dapatkan berita update terbaru
Silahkan mendaftar untuk berlangganan berita, dikirim ke email anda