Berita Utama

Polres Merauke dan Korem 174/ATW Diakui Bagus Dalam Pengelolaan Anggaran

Merauke - Setelah menyerahkan DIPA 2022 ke Korem 174/Anim Ti Waninggap, giliran Polres Merauke yang disambangi Kepala Kantor Pengelolaan Perbendaharaan Negara (KPPN) Merauke, Jaka Susila.

 

Kepala KPPN Merauke Jaka Susila menjelaskan, kunjungan ini selain koordinasi pihaknya juga menyerahkan DIPA 2022 dan plakat penghargaan atas Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran (IKPA) tahun 2021 kepada Pokres mellaui Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji dalam hal pengelolaan anggaran 2021 yang dinilai cukup bagus. 

 

Menurut dia, bahwa DIPA dimaksud sudah diserahkan secara langsung oleh Presiden kepada pimpinan lembaga dan Kementrian beberapa waktu lalu di Jakarta secara simbolis, sehingga saat ini pihaknya hanya meneruskan DIPA tersebut. 

 

‘’Kami hanya menyerahkan untuk 3 Satker besar dan mendapat juara 1, 2 dan 3. Sedangkan untuk satker-satker lainnya bisa datang ambil sendiri di KPPN,’’ terangnya, Rabu (08/12) di Polres Merauke.

 

Dengan penyerahan DIPA 2022 itu, Jaka Susila mengharapkan, Satker segera membelanjakan sesuai dengan program yang sudah direncanakan. Karena dengan belanja tersebut akan memberikan multi efek player. 

 

‘’Apalagi di tengah pandemi sekarang ini, diharapkan satker segera merealisasikan anggarannya supaya masyarakat merasakan dampaknya. Karena dengan cairnya dana pemerintah ini akan memberikan multi efek player,’’ terangnya. 

 

Mengenai serapan anggaran 2021, Jaka menjelaskan secara nasional ditargetkan sekitar 90 persen. Untuk Polres Merauke sendiri, lanjut dia, sudah mencapai 91 persen dan ini pencapaian yang menurutnya cukup bagus.   

 

‘’Satker yang sudah bagus seperti Korem dan Polres. Keduanya satker besar yang sejak awal mengelola anggarannya cukup bagus. Kita harapkan kalau semua Satker komit maka seharusnya sudah tercapai target. Tapi untuk Satker kecil, serapannya rata-rata mencapai 90 persen,’’ pungkasnya.(get)