Berita Utama

Selain Jurnalis, Galib Maswatu Tekuni Giat Sosial

Jayapura - Meski berprofesi sebagai seorang wartawan pada media online mepago.com di Kabupaten Kepulauan Yapen , Papua , Galib Maswatu tetap menyempatkan diri bergerak dalam kegiatan sosial. Aksinya diperlihatkan ketika terjadi bencana alam atau saat terjadi musibah, serta mendekati momen hari raya keagamaan kepada panti asuhan di wilayah tersebut. 

Diawali dengan penggalangan dana yang bersumber dari komunitas, paguyuban atau para donatur yang punya keinginan untuk berbagi, baik dalam bentuk uang, pakaian layak pakai, bahan makanan dan kelengkapan peralatan alat salat. Untuk mendapatkan bantuan, Galib tidak sediri berjuang, ia dibantu sesama rekannya hingga bantuan yang sudah terkumpul disalurkan kepada penerima. 

"Selain sebagai wartawan, saya tertarik dan selalu terlibat dalam kegiatan sosial. Kita menggalang dana dan disalurkan kepada yang membutuhkan, " ujar Galib saat diwawancara di Hotel Horison Kota Jayapura Papua, Kamis ( 4/8/2022 ). Dirinya mengaku selalu diberikan kemudahan untuk mengumpulkan beragam jenis bantuan tersebut karena memiliki relasi yang cukup, sebagai nilai plus atas profesi sebagai jurnalis meski baru dua tahun berjalan. 

Di dalam jurnalis, kata dia, banyak hal yang dipelajari, dan luasnya jejaring komunikasi dari semua kalangan membuatnya mendapatkan banyak pengalaman. Pria asal Kota Tual ini menyebut bahwa hidup akan lebih bermakna ketika dapat membantu sesama yang membutuhkan di sekitar. Bukan sekadar melihat atau berucap melainkan diwujudkan dengan tindakan nyata. 

Dikatakan, dirinya akan terus menekuni tanggungjawab sebagai penulis berita dengan tidak mengabaikan aktivitas sosial kemasyarakatan. Selain itu, terlibat dalam perkumpulan Ikatan Keluarga dari daerah asal Kota Tual guna menjaga solidaritas, kekompakan di tanah rantau Papua. la berharap, semakin banyak orang yang akan terpanggil dalam kegiatan positif dan menjaga keseimbangan hidup dengan sesama.( Get )