Berita Utama

Pemprov Papua Selatan Launching Aplikasi CSR (Si CSR) Terpadu

Merauke - Pemprov Papua Selatan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) melakukan launching Aplikasi Corporate Social Responsibility (Si-CSR) Terpadu dan penyerahan sertifikat kepada perusahaan yang melaksanakan CSR dan plasma, Jumat (19/7/2024) di Swissbell Hotel Merauke.

Kadis DPM-PTSP, Petrus Assem mengatakan, launching dan penghargaan diberikan kepada 278 perusahaan di Papua Selatan yang melaksanakan program CSR di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur dan perlindungan sosial. Menurutnya, apa yang dilakukan perusahaan dalam program CSR belum dilakukan secara baik sehingga tidak diketahui masyarakat.

"Sehingga dinas membuat satu sistem Si-CSR untuk perusahaan melaporkan kegiatan yang sudah dilakukan, sehingga melalui aplikasi ini siapa saja bisa akses dan dapat mengetahuinya. Ini sebagai tanggungjawab perusahaan untuk melaporkan programnya secara berkala setiap enam bulan atau setiap satu tahun. Disamping perusahaan mencari keuntungan, namun ada keadilan kepada masyarakat, dan pemerintah memberikan rasa nyaman kepada perusahaan dengan menyediakan aplikasi ini," ujar Kepala DPM-PTSP. 

Penyerahan penghargaan kepada perusahaan yang sudah menjalankan program CSR dan Plasma. 

Selain launching Si-CSR, pemerintah memberikan apresiasi berupa sertifikat kepada perusahaan yang sudah menjalankan tanggung jawabnya, sebagai dorongan kepada seluruh perusahaan untuk serius melaksanakan program CSR kepada masyarakat sekitar. 

Pj Gubernur Provisi Papua Selatan, Apolo Safanpo mengakui bahwa ratusan perusahaan yang ada di selatan sudah melaksanakan kewajibannya namun karena pelaksanaan CSR di setiap perusahaan di setiap daerah gaungnya tidak terdengar, maka dengan hadirnya aplikasi Si-CSR diharapkan masyarakat dapat mengakses informasi secara valid dan akurat. 

"Demikian dengan program plasma untuk 20 persen bagi masyarakat ulayat juga disiapkan akses informasi dengan baik agar masyarakat tidak mendengar informasi hoaks. Sehingga kebutuhan data baik masyarakat maupun lembaga bisa terakses dan terpenuhi dengan benar dan tepat. Dinas menyediakan aplikasi ini juga disosialisasikan kepada masyarakat agar dapat diketahui dan dapat digunakan," pungkas Apolo. 

"Mudah mudahan launching Si-CSR dapat menjadi sarana informasi yang kredibel dalam hal CSR dan plasma di perusahaan masing-masing," tutup Apolo.(Get)