Berita Utama

Fasilitas Belum Memadai, Pasar Belakang SMP 2 Merauke Belum Difungsikan

Merauke - Sejak dibangun tahun 2022, Pasar Umum yang terletak di belakang SMP Negeri 2 Merauke belum bisa difungsikan karena kekurangan fasilitas umum.

Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Merauke, Eric Rumlus mengatakan, Pasar umum tersebut merupakan bantuan Kementrian Koperasi tahun 2022 sharing dengan Pemkab Merauke. Usai dibangun, 2023 diserahkan ke Pemkab Merauke untuk dapat dioperasikan, namun belum dibangun akses jalan, MCK, tempat parkir dan tempat sampah sehingga penggunaannya belum diizinkan.

Hal tersebut karena kondisi keuangan Kabupaten Merauke khususnya Disperindagkop tidak mencukupi untuk membangun empat fasilitas tersebut maka Dinas mengirimkan promosikan ke Disperindagkop dan PUPR Papua Selatan.

"Jawabannya akan dimasukkan di anggaran belanja tambahan 2024 oleh PUPR Provinsi Papua Selatan. Maka kita rencana operasionalkan di Bulan Januari 2025. Termasuk Pasar Mama Papua yang ada di Bloreb," ujar Erick, Jumat (23/8/2024).

Pasar Mama Papua Bolreb. 

Namun, khusus Pasar Umum belakang SMP Negeri 2 akan dijadikan Pasar Wisata khusus souvenir yang artinya tempat bagi pedagang souvenir untuk menjual berbagai pernak pernik aksesoris, maupun kerajinan tangannya di sana.

Sementara Pasar Mama Papua Bloreb sendiri sudah dibangun jalan masuk, tinggal fasilitas pendukung lainnya yang juga masih butuh anggaran yang cukup. Sehingga pasar yang dibangun 2023 itu juga akan difungsikan di awal 2025.(Get)