Berita Utama

Kemenhub Akan Bantu Dua Garbarata di Bandara Mopah

Merauke - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI akan membantu pembangunan dua garbarata di Bandar Udara (Badara) Mopah Merauke, Provinsi Papua Selatan (PPS). 

Fungsi garbarata untuk menghubungkan penumpang dari terminal ke pintu pesawat begitu pula sebaliknya penumpang dari pesawat langsung menuju terminal Badara melalui garbarata. 

"Bersama dengan para Dirjen Perhubungan kami membahas bagaimana dibantu dua garbarata untuk Bandara Mopah. Sehingga para penumpang bisa turun naik pesawat lewat garbarata," ucap Romanus Mbaraka di VIP Room Merauke, Minggu (29/1/2023) sekembalinya dari Jakarta. 

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka

Perhatian Kemenhub ini pasca insiden rusaknya garbarata Bandara Mopah yang disenggol sayap kanan Pesawat Lion Air JT-797 belum lama ini. Bukan sekedar perbaikan melainkan akan dibangun dua garbarata sekaligus. 

Kementerian Perhubungan juga menyoroti menyangkut perkembangan Pelabuhan Merauke setelah wilayah Selatan Papua resmi menjadi provinsi pemekaran baru. Dengan adanya Provinsi ini maka frekuensi bongkar muat barang harus dibantu dengan Fixed Crane. 

Ada lagi pembahasan terkait program perhubungan menyangkut sterilisasi lalu lintas laut. Salah satunya memindahkan bangkai kapal yang tenggelam di Kali Maro yang harus dilakukan oleh pemilik kapal, sehingga tidak mengganggu lalu lintas kapal di daerah pelabuhan laut.

Usai urusan perhubungan, bersama Menteri Perdagangan Romanus menyuarakan bantuan pasar bagi mama-mama Papua. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera realisasi. Lalu ada program pemberdayaan masyarakat yang coba kami usulkan ke APBN," imbuh Romanus. 

Beberapa infrastruktur pendidikan juga disuarakan untuk mendapatkan perhatian tingkat pusat dalam rangka mendukung kemajuan dunia pendidikan di Merauke. Demikian juga komunikasi dengan Departemen PU juga dilakukan Romanus kala menghadiri undangan pertemuan seluruh bupati dengan Presiden Jokowi. 

"Tim kerja saya ada di Jakarta yang mengkoordinasikan semua program Pemerintah Kabupaten Merauke lintas Departemen dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait," tandasnya.(Get)