Berita Utama

SIMRS Sudah Ditetapkan di RSUD Merauke

Merauke - Sejak awal tahun 2024, RSUD Merauke sudah menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).

SIMRS adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat, dan merupakan bagian dari Sistem Informasi Kesehatan.

Dalam sistem ini sudah tidak menggunakan kertas atau paperless, semua hanya menggunakan komputer. Namun SIMRS yang sudah berlaku di RSUD Merauke baru pada poliklinik rawat jalan, dan sebagian rawat inap.

"Sementara masih kurang efektif karena kita masih peralihan. Jadi ada yang masih manual dan harus menginput jadi agak dobel kerja. Cuman dari sisi analisa data, misalkan untuk mengetahui jumlah pasien dalam satu minggu, tinggal saya klik saja hasilnya keluar," terang Direktur RSUD Merauke, dr. Dewi Wulansari, Selasa, (8/10/2024) di ruang kerjanya.

Dikatakan, untuk lebih maksimalkan SIMRS butuh persiapan SDM, sarana dan prasarana pendukung. Harapannya di 2025 akan berjalan optimal sehingga semua sudah digitalisasi tidak menggunakan pelayanan manual, mengingat aplikasi terbridging adalah aplikasi yang terhubung dengan sistem lain melalui bridging system. 

Bridging system adalah teknologi informasi yang memungkinkan dua sistem berbeda untuk berjalan secara bersamaan tanpa mengganggu satu sama lain dan terhubung ke aplikasi satu sehat pusat.

"Pada saat terbridging itu, orang atau pasien bisa tahu dan lihat misalkan pada saat diambil darah bisa dilihat hasilnya. Kalau misalnya dokternya menulis diagnosa yang aneh-aneh maka pasti akan terpantau di Jakarta. Makanya kita harus profesional," sambungnya. 

Baca Juga: DPM-PTSP Kabupaten Merauke Gelar Bimtek Laporan Kegiatan Penanaman Modal Bagi Pelaku Usaha

Dengan dilengkapi semua kebutuhan sarana prasarana, petugas kesehatan terutama dokter spesialis serta peralatan medisnya, dipastikan penerimaan RSUD Merauke semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pemenuhan kelengkapan di RSUD Merauke akan menarik banyak orang yang datang berobat di sana, tidak keluar Merauke. Untuk itu, target yang ingin dirampungkan tahun ini adalah pemugaran bangunan RSUD.(Get)