Berita Utama

Pembelian Solar Subsidi Menggunakan QR Code di Merauke Dibuka

Merauke - Kantor Satpol-PP Merauke dipusatkan untuk mengurus pendaftaran pembelian BBM bersubsidi jenis solar dengan menerapkan kupon Quik Respon Code atau QR Code. Penerapan kupon QR Code ini guna menekan penyalahgunaan BBM bersubsidi sebagaimana yang dikeluhkan masyarakat hampir setiap tahun. 

Selain itu, akibat antrian truk setiap hari memadati pinggiran jalan raya seputar SPBU mengakibatkan jalan rusak, mengganggu pengguna jalan dan pedagang sekitarnya serta akses bagi masyarakat pemilik halaman rumah menjadi terhambat dihalangi antrian truk. 

"Untuk itu kami bekerjasama lakukan penertiban dan pelayanan di kantor Satpol untuk pendaftaran. Sebenarnya ini gawainya Pertamina, tapi kami dari Pemda membantu memfasilitasi tempat," terang Kasatpol-PP Fransiskus Kamijai, Selasa (14/2/2023). 

Pendaftaran pembelian BBM subsidi jenis solar di Kantor Satpol PP Merauke.

Pendaftaran mulai dilakukan sejak 13 Februari dan sudah 60 truk yang melakukan pendaftaran, belum terhitung hari kedua hingga tanggal 20 rencana pembukaan pendaftaran. Pembagian kupon dibagi dengan sistem zonasi, untuk SPBU Ahmad Yani, SPBU Parako dan SPBU Kuper, sehingga truk yang sudah terdaftar dengan zonasi yang sudah ditentukan tidak bisa lagi mengantri di SPBU yang bukan zonasi. 

Semua mobil yang menggunakan BBM Solar bersubsidi diarahkan untuk ikut mendaftar dengan membawa kelengkapan surat kendaraan yaitu STNK, KTP, DS mobil dan KIR atau rekomendasi layak jalan dari Dinas Perhubungan. Bagi yang tidak mendaftar tetap dilayani, tetapi dibatasi hanya 20 liter solar dalam sehari, kemudian diarahkan membeli yang non subsidi. 

"Kita harap ini bisa efektif karena mereka mendaftar melalui MyPertamina untuk mendapatkan QR Code. Kita pastikan tidak ada kecurangan karena datanya sudah langsung terbaca," tandas Kasatpol-PP. 

Selain itu, lanjut Fransiskus, kebijakan ini lebih pada mengurangi antrian, menghindari kerusakan jalan, sebab pembangunan jalan sangat mahal di Merauke, menghindari kecelakaan karena space jalan semakin sempit akibat antrian truk.(Get)