Berita Utama

Sekda Maddaremmeng Serahkan Berkas RPJMD ke KPU Untuk Jadi Acuan Debat Publik

Merauke - Sekda Provinsi Papua Selatan, Maddaremmeng menyerahkan berkas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Papua Selatan ke Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi setempat, Theresia Mahuze.

Dengan rancangan teknokraf ini nantinya akan dimaanfaatkan oleh KPU Papua Selatan untuk dipergunakan dalam debat publik para kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur, sehingga visi-misi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan nantinya bisa kelihatan apakah sejalan dengan RPJMD atau tidak.

"Rancangan teknokraf ini akan menjadi acuan didalam pelaksanaan visi-misi,"kata Maddaremmeng di KPU Papua Selatan, Kamis, (10/10/2024) dalam penyerahan berkas RPJMD, didampingi oleh Kepala Badan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Baperinda) Provinsi Papua Selatan, Ulmi Listianingsih Wayeni.

Ketua KPU Papua Selatan,Theresia Mahuze menjelaskan, sesuai dengan regulasi PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang pencalonan maka harus ada visi-misi dan program pasangan calon atau pemenuhan dokumen syarat pencalonan dan syarat calon.

Menurut dia, berkas ini masuk dalam syarat calon terkait visi-misi dan program yang harus sejalan dan sesuai dengan RPJMD.

Dan rancangan teknokraf atau RPJMD itu diperlukan karena bagian dari persiapan dalam debat publik.

"Jadi, dalam debat publik ini ada materi-materi yang sudah disiapkan sesuai dengan PKPU Nomor 8 Tahun 2024,"ujar Theresia.

Dia mengatakan, dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2024 pasal 22 itu ada materi-materi. Tak hanya itu, KPU telah menambahkan satu materi terkait dengan investasi dan perlindungan masyarakat.

Theresia menyebut, dalam debat publik nanti, ada penajaman visi-misi dan program dari masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan.

"Visi-misinya harus sejalan dan sesuai dengan RPJMD, sehingga ini memang bahan-bahan yang dibutuhkan panelis dalam merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan dibuat untuk debat publik,"kata Theresia.

Setelah penyerahan, tambah dia, akan dilaksanakan debat publik bagi para kandidat. Debat publik pertama akan dilakukan pada 23 Oktober 2024 di Merauke.

Baca Juga: Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Yonmarhanlan XI Merauke Panen Raya Inpari 36

Kemudian debat publik kedua akan dilaksanakan pada 1 November 2024 di Merauke. Debat publik selanjutnya pada 16 November 2024 akan dilaksanakan di Jakarta.(Get)