Berita Utama

Kegiatan Stuffing dan Stripping di Pelabuhan Merauke Akan Direlokasi

Merauke - GM Pelindo IV Merauke, Anthonius Dianserai Marani mengatakan, pihaknya akan melakukan penataan penempatan kontainer di area Pelabuhan Laut Merauke dengan menyiapkan lahan khusus untuk kontainer yang melakukan kegiatan stuffing dan stripping. 

Stuffing and stripping akan direlokasi, tepat berada di belakang kantor Pelindo Merauke. Stuffing adalah suatu kegiatan pemasukan barang kedalam peti kemas/container dengan menggunakan tenaga manusia/alat mekanis. Stripping adalah suatu kegiatan mengeluarkan barang dari dalam petikemas dengan menggunakan tenaga manusia/alat mekanis.

"Tentunya kami perlu support dari pemerintah daerah dan juga Pemerintah Provinsi terkait beberapa fasilitas. Ada juga warga di lahan tersebut yang perlu kami bicarakan dengan Pemda sehingga bisa memfasilitasi kami Pelindo terkait akses jalan keluar masuk kontainer di sana," ucap Anthonius di Pelabuhan Merauke, Kamis (16/2/2023).

Tampak peti kemas atau kontainer barang di Pelabuhan Laut Merauke.

Lanjut, disampaikan bahwa penumpukan barang di area Pelabuhan Laut Merauke masih terjadi. Untuk itu, pemilik barang ditekankan secepatnya melalukan pemindahan barang dari dalam kontainer keluar area guna menekan penumpukan. 

"Kita biasa berlakukan masa penumpukan dengan harapan barang cepat keluar. Karena dengan melakukan penumpukan otomatis ongkosnya bertambah. Biaya akan membengkak kalau semakin lama berada di Pelabuhan, sebab traffic peti kemas terus meningkat setiap tahun, " tandasnya.(Get)