Berita Utama

Pertemuan Perdana Calon Pengurus KONI Papua Selatan

Merauke - Pertemuan persiapan pelantikan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Selatan (PPS) periode 2023-2024 digelar di Aula Hotel Asmat Merauke, Kamis (2/3/2023).

Pertemuan perdana ini dipimpin Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo dan Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif PPS, Soleman Jambormias.

Sebelumnya, pemerintah PPS telah mengutus perwakilan daerah guna melakukan koordinasi kepada KONI pusat untuk mendapatkan petunjuk dalam pembentukan pengurus KONI PPS dalam rangka mempersiapkan keikutsertaan Daerah Otonomi Baru (DOB) pada Pekan Olahrga Nasional (PON) 2024.

"Arahan KONI pusat saat itu, bahwa DOB boleh membentuk KONI provinsi tetapi untuk pelaksanaan PON akan dikoordinir oleh provinsi induk. Namun, dalam Rakor dua minggu lalu, terjadi perubahan keputusan, KONI pusat memutuskan DOB punya KONI sendiri dan ikut sebagai peserta PON 2024," kata Apolo Safanpo dalam pertemuan perdana tersebut.

"Oleh karena itu, bapak dan ibu yang diundang hari inilah yang punya amanat masuk dalam struktur kepengurusan KONI 2023-2024. Kita hanya diminta melaksanakan tugas selama 1 tahun untuk persiapan pelaksanaan PON 2024, sebab ada beberapa Cabor yang dipersiapkan menuju PON," sambungnya.

Pertemuan persiapan pelantikan pengurus KONI Provinsi Papua Selatan di Merauke.

Lebih lanjut, Soleman Jambormias menambahkan berdasarkan petunjuk pusat bahwa yang menduduki Ketua Umum KONI PPS adalah Pj Gubernur dan ketua bidang di struktur pengurus KONI PPS adalah pejabat di lingkungan pemerintah PPS. Sisanya masuk dalam pengurus cabang olahraga (Cabor) yang dipersiapkan untuk PON. 

"Ini karena kita diberikan kesempatan langsung mengikuti PON 2024 di Aceh dan Medan pada bulan September 2024. Tidak ada tunda karena atas permintaan Presiden Jokowi sebelum Oktober beliau harus membuka dan menutup PON secara resmi sebelum berakhir masa jabatannya." 

Catatan yang perlu diketahui bahwa PON 2024 lebih prioritas olahraga perorangan, karena tidak melalui Pra PON tetapi langsung didaftarkan sebagai peserta PON. 

"Dalam waktu dekat kita segera pelantikan sehingga mulai jalankan tugas secara bersama-sama," sambung Soleman. 

Sebagai persiapan menuju PON, akan dilaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan melibatkan empat kabupaten yakni Merauke, Boven Digoel, Mappi dan Asmat. Melalui Porprov, para atlet akan diseleksi untuk PON mewakili Papua Selatan.

Calon pengurus KONI PPS masa bakti 2023-2024 langsung diumumkan dan dibacakan nama-namanya oleh Sekretaris KONI PPS, Antonio Liberto Ohoitimur, dan diakhiri dengan foto bersama. Agenda selanjutnya tinggal menunggu jadwal pelantikan yang akan dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat.(Get)