Berita Utama

Secara Bertahap, Pemkab Perbaiki Kerusakan Jalan di Merauke

Merauke - Pemerintah Kabupaten Merauke terus berupaya agar kerusakan di beberapa titik jalan di Merauke dapat diperbaiki secara bertahap. 

Hanya saja, tidak semudah membalikkan telapak tangan karena membutuhkan anggaran yang tidak sedikit untuk memperbaiki kerusakan maupun pengerjaan ruas jalan baru. Namun, pemerintah tetap melakukan pembagian pengerjaan pada sejumlah titik walau tidak tuntas sesuai panjang jalan. 

"Pemerintah Kabupaten melalui Dinas PU tetap berupaya memperbaiki jalan yang rusak. Namun perlu diketahui bersama bahwa kerusakan dipengaruhi besar oleh air hujan. Kalau sudah tergenang air, maka jalan tidak akan bertahan," terang Kabid Bina Marga Dinas PU, Leo Patria Mogot, Kamis (13/4/2023). 

Sementara ini, PU telah berupaya melakukan perbaikan di beberapa titik yang mengalami kerusakan parah, salah satunya di Jalan SP 9 Tanah Miring. Sebab di jalan tersebut merupakan poros jalan yang akan dilalui saat mudik Lebaran nanti. 

"Kita harapkan sebelum Idul Fitri sudah selesai dikerjakan," sambung Leo. 

Namun lanjut Leo, untuk pengerjaan jalan bukan hanya tanggungjawab pemerintah semata, masyarakat yang punya kemampuan diharapkan ikut berkontribusi menyumbang memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Seperti di SP 9 dibantu oleh dua pengusaha. Sebagian melakukan penimbunan dan lainnya soil cement. 

"Ini merupakan kolaborasi yang baik. Tujuan Pak Bupati agar arus mudik yang melintasi jalan tersebut bisa berjalan lancar," pungkas Leo. 

Di jalan SP 9 telah diusulkan Pemerintah Kabupaten Merauke menjadi jalan provinsi yang kini tinggal menunggu SK, mengingat jalan ini akan menjadi poros lalu lintas menuju Ibu Kota Provinsi Papua Selatan.(Get)