Berita Utama

Ribuan Kandara Akan Dibunyikan di Malam Puncak HUT RI 2023

Merauke - Tema 'Dentuman Kandara Tanah Malind Merajut Merah Putih Merauke-Sabang' digagas Bupati Merauke Romanus Mbaraka akan membawa suasana baru dalam meriahkan HUT ke 78 Kemerdekaan RI tahun 2023.

Suasananya akan berbeda jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab kali ini Bupati Merauke Romanus Mbaraka sendiri yang menggagas selain kandara juga disajikan tiga jenis sagu sep besar untuk dinikmati bersama. Di antaranya, sagu sep kumbu isi daging rusa, spesial sep isi daging babi dan sagu sep isi ikan. 

Masyarakat dari beberapa daerah seperti Buti, Nasem, Ndalir, Nasai, Wendu, Urum, Matara, Kuper, kimam dan beberapa kampung lokal sekitarnya akan dilibatkan. Kegiatan pameran akan berlangsung selama tiga hari di Kapsul Waktu mulai 15-17 Agustus. 

Pantauan lokasi pameran yang akan digelar di seputaran Kapsul Waktu Merauke.

"Malam penutup kita bikin dentuman Kandara. Target kita sekitar 500-1000 Kandara yang dimainkan. Ini perdana kita buat, mudah-mudahan tahun depan lebih baik supaya semua Kandara tersedia di kampung-kampung," pungkas Romanus usai memantau tempat kegiatan di Kapsul Waktu Merauke, Rabu (9/8/2023). 

Spesialnya, budaya dan makanan lokal lebih ditonjolkan sebagai bentuk penghargaan kepada orang Malind sekaligus pelestarian budaya setempat.(Get)