Berita Utama

Pengamatan Terhadap Munculnya Penyakit Baru Rutin Dilakukan Dinkes Merauke

Merauke - Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke rutin melakukan surveilans untuk pengamatan penyakit baru yang berpotensi menimbulkan wabah di masyarakat seperti cacar monyet. 

Dikabarkan, cacar monyet sudah ada di negara Papua New Guinea (PNG) dan bahkan sudah terjangkit ke warga Boven Digoel, Provinsi Papua Selatan wilayah Indonesia timur. 

"Setiap hari kita melakukan surveilans, dan hasilnya, belum ditemukan ada masyarakat Merauke yang terkena wabah cacar monyet. 

Intinya, masyarakat harus jaga kebersihan, jaga kesehatan dengan berperilaku hidup sehat. Sebab cacar monyet ini menular melalui sentuhan," terang Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr. Nevile Muskita, Kamis (10/8/2023). 

Dikatakan, penyakit ini salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi virus, umumnya ditandai dengan munculnya bintil bernanah pada kulit. Untuk itu, warga diimbau segera mendatangi petugas kesehatan terdekat jika mengalami sakit atau merasakan gejala tersebut, agar petugas kesehatan segera lakukan tindakan penanganan. 

"Kalau ada rasa gejala yang aneh segera periksa supaya bisa tahu penyakit apa, sehingga kalau ada penyakit baru segera diatasi," tandas dr. Nevile.

Sebagai langka pencegahan, disarankan agar masyarakat tetap jaga jarak atau tidak bersentuhan sama orang baru yang datang dari luar untuk menghindari penularan penyakit baru.(Get)