Berita Utama

Tekan Inflasi, Pemkab Merauke Siapkan Pangan Murah Mandiri

Merauke - Gerakan Pangan Murah Mandiri kini disediakan Pemkab Merauke melalui Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan berkolaborasi dengan para distributor pangan. 

Jika sebelumnya gerakan pangan murah disupport dari Badan Pangan Nasional, maka selanjutnya pangan murah dilakukan secara mandiri oleh Pemkab setempat. Demikian ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Martha Bayu, Senin (9/10/2023) di Merauke. 

"Warung Pangan Mandiri ini kami buka hari Senin dan Selasa. Ini atas permintaan masyarakat bukan hanya sekitar Kota Merauke tapi ada permintaan dari kepala kampung yang terkena dampak dari gagal panen sehingga minta diadakan pangan murah," terang Martha. 

Warung pangan murah mandiri Pemkab Merauke.

Dinas telah melakukan MoU dengan distributor pangan yaitu Bintoro, Cakrawala, Orange dan beberapa lainnya. Harga jual bahan makanan pokok (Bapok) dijual di bawah harga pasar sehingga cukup membantu masyarakat. Dinas terkait juga melakukan penjualan pangan murah secara bergilir dengan tujuan menekan inflasi dengan menyediakan kebutuhan pangan bagi masyarakat.

"Nanti setiap penjualan, pihak distributor yang menyiapkan bahan pangan," tandasnya. Masyarakat boleh memanfaatkan kesempatan tersebut terutama dalam pemenuhan kebutuhan Bapok krluarga.(Get)