Berita Utama

Merauke Unggul Satu Poin Atas Mappi di Final Sepak Bola Porprov

Merauke - Laga final sepak bola dalam rangka hajatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua Selatan I tahun 2023 mempertemukan kesebelasan Kabupaten Merauke dan Mappi pada Kamis (9/11/2023) malam.

Kedua kesebelasan ini bertanding di Stadion Katalpal Merauke, duel dua kesebelasan ini berlangsung seru disaksikam 1.000 penonton sebagai pemberi suport semangat kepada pemain.

Dalam pertandingan 2x45 menit plus tambahan waktu, tim tuan rumah Merauke berhasil mengalahkan Mappi dengan skor tipis 5-4. 

Di babak pertama, dua kesebelasan sama-sama melakukan permainan terbuka dan menyerang melalui umpan pendek dan silang. Namun demikian, tim Kota Sejuta Rawa julukan Kabupaten Mappi tampil lebih mendominasi sejak wasit meniup puit kick off pertandingan.

Pada menit ke tujuh, sejumlah penyerang Mappi mencoba menekan pertahanan Merauke yang dikawal Fabianus Gebze, namun tidak membuahkan hasil. Peluang gol nyaris tercipta pada menit 9, ketika striker Mappi Eligius Ekem Kamkopimu yang berada di area kotak pinalti lawan melakukan shoot tajam ke arah gawang. Sayangnya dapat diamankan sempurna oleh kiper.

Di menit-menit selanjutnya, tim Mappi terus memberikan tekanan ke kubu lawan, namun berbagai serangan tersebut dapat dipatahkan dengan baik oleh gelandang belakang tim Kota Rusa julukan Kabupaten Merauke.

Suasana pertandingan sepak bola antara Kesebelasan Mappi dan Merauke di Lapangan Katalpal.

Merauke yang terus ditekan, tidak tinggal diam. Tim besutan Markus Mayoni itu mencoba membangun serangan dari berbagai sisi. Alhasil di menit 12, pemain tengah bernomor punggung 6 atas nama Rivaldo Barnes Majoni memberikan kejutan dengan menjebol gawang Mappi yang dikawal Ferdinandus Kagaimu.

Meski tertinggal 0-1, kesebelasan Mappi tidak mengendorkan serangannya. Mereka justru semakin agresif untuk menjebol pertahanan Merauke melalui umpan-umpan silang.

Upaya anak-anak asuh Fransiskus Engelbertus Marpemu itu baru membuahkan hasil di menit 26. Penyerang Mappi bernomor punggung 8, Eligius Ekem Kamkopimu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah memanfaatkan bola lambung dari rekannya.

Pertandingan semakin seru menjelang akhir babak pertama. Di menit ke 40, striker Mappi, Marthen Luther Mabur berhasil menjebol gawang lawan melalui sundulan kepala. Dua menit berselang, gelandang tengah Merauke, Lasarus Antonius Sinim dapat menyamakan poin setelah melakukan shoot dari jarak dekat ke gawang Mappi. Hingga selesai babak pertama, skor masih imbang 2-2.

Setelah jeda turun minum, kedua tim kembali mempertontonkan permainan yang apik. Namun di babak kedua ini, tim tuan rumah tampil lebih impresif. Itu terbukti, setelah Rivaldo Barnes Majoni berhasil mencetak gol di menit 46 dan 48. Dengan dua gol itu, Majoni membukukan hattrick atau tiga gol untuk Merauke.

Tertinggal 4-2, pelatih Mappi Fransiskus Engelbertus Marpemu berupaya memperkuat serangan dengan memasukkan Yoseph Nataniel Kondoki dan Agustinus Getayop untuk menggantikan pemain bernomor punggung 16 dan 9. 

Usahanya tersebut hampir membuahkan hasil di menit ke 70. Dan dalam posisi kejar-kejaran tak dapat dihindari, back Merauke melakukan pelanggaran handsball. Namun sayang eksekusi pinalti yang dilakukan pemain nomor 7 Mappi dapat ditepis oleh kiper Merauke.

Sebaliknya, kesebelasan Merauke kembali menambah skor setelah Lasarus Antonius Sinim mencetak gol keduanya di menit 73. Skor pun berubah menjadi 5-2.

Mappi yang tertinggal tiga poin tetap ngotot dalam laga babak kedua tersebut. Strikernya, Marthen Luther Mabur merobek gawang lawan pada menit 85, namun sayang dialunir oleh wasit karena dianggap offside. Keputusan itu membuat situasi memanas di kalangan suporter Mappi.

Demikian kesebelasan Mappi tidak patah semangat. Mereka berhasil memperkecil kekalahan di tambahan waktu 6 menit pertandingan babak terakhir. Dua pemainnya, yakni Alowisius Wopkim dan Ferdinandus Kagaimu masing-masing mencetak gol di menit 93 dan 95. 

Hingga wasit meniup tiup panjang tidak ada lagi gol tercipta dari kedua tim. Dengan skor 5-4, dengan demikian kesebelasan Merauke menjuarai pertandingan sepak bola dalam rangka Porprov I Papua Selatan tahun 2023.

Final Merauke -Mappi disaksikan Wakil Ketua Umum KONI PPS, Soleman Jambormias, Wakil Ketua Harian 2, Waket Harian 3 dan Sekretaris Koni serta beberapa pejabat.(Get)