Berita Utama

Upacara Hari Jadi PPS di KTM Salor Merauke

Merauke - Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Papua Selatan Pertama Tahun 2023 bertema "Gerak Cepat Membangun Negeriku" dilangsungkan di Pusat Pemerintahan KTM Salor, Distrik Kurik, Senin (13/11/2023) Merauke. 

Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan, Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo mengatakan secara hukum Provinsi Papua Selatan (PPS) sudah ditetapkan pemerintah dan DPR RI melalui pengesahan UU nomor 14 tahun 2022 tentang Daerah Otonomi Baru (DOB) dan secara defacto diresmikan Presiden melalui Mendagri pada 11 November 2022. 

"Dengan demikian maka tanggal peresmian PPS diperingati sebagai hari jadi Provinsi Papua Selatan," ujar Apolo dalam amanatnya. 

Dikatakan, hadirnya PPS telah melalui perjalanan panjang yang digagas oleh para pemimpin dan senior sebelumnya, salah satunya Johanes Gluba Gebze dan dilanjutkan para tokoh lainnya dan komponen masyarakat yang saling mendukung, berjuang bersama sehingga Tuhan memberkati seluruh upaya tersebut.

Pembukaan Bendera Provinsi Papua Selatan oleh Pj Gubernur Apolo Safanpo pada Peringati Hari Jadi PPS Pertama 2023 di KTM Salor.

"Maka patutlah kita menyambut perjuangan provinsi yang panjang ini penuh rasa syukur dan persiapan jiwa raga dengan melanjutkan perjuangan melalui pembangunan di berbagai bidang. Kita akan terus melanjutkan semua perjuangan yang sudah dimulai oleh para pemimpin dan senior kita," ucap Apolo. 

"Atas nama Pemerintah Provinsi Papua Selatan dan masyarakat, kami mengucapkan selamat Hari Jadi Provinsi Papua Selatan. Mari kita bahu membahu, mendukung dan membantu PPS yang sudah hadir di tengah kita. Semoga PPS terus maju dan berkembang serta terus berupaya mensejahterakan masyarakat," tutup Safanpo.

Upacara HUT Pertama PPS Dikuti Forkopimda, perwakilan dari empat kabupaten, TNI-Polri, para tamu undangan dan masyarakat serta siswa sekolah sekitar lokasi kegiatan. (Get)