Berita Utama

Lima PAUD di Papua Selatan Menjadi Pilot Project

Merauke - Lima Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Papua Selatan akan menjadi pilot project oleh Kelompok Kerja (Pokja) PAUD Papua Selatan. 

Ketua Pokja Bunda PAUD Papua Selatan Aloysius Jopeng mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Bunda PAUD untuk mengintervensi 5 PAUD di Provinsi Papua Selatan dengan pendanaan berupa hibah dari pemerintah Provinsi Papua Selatan yang diperuntukan 2 PAUD di Merauke dan tiga lainnya untuk Kabupaten Mappi, Asmat dan Boven Digoel masing-masing satu.

"Rata-rata PAUD yang di dalamnya banyak anak asli Papua, karena pendanaanya bersumber dari Dana Otsus Papua tahun 2023,’’ kata Jopeng.

Disampaikan, untuk 5 PAUD ini akan dilakukan secara komplit, tidak hanya menyangkut program kurilkulumnya, pelatihan guru, tapi juga guru kontraknya dan saran prasarannya dilengkapi termasuk murid-muridnya diberi makanan tambahan sekaligus penanganan stunting. Untuk itu, di dalam Pokja ini menghimpun dari berbagai latar belakang ilmu yang berbeda. Tidak hanya dari pendidikan, tapi dari kesehatan, hukum, perlindungan perempuan dan anak serta disiplin ilmu lainnya.  

‘’Jadi ada banyak program dan selanjutnya kita akan turun ke Boven Digoel dan Mappi. Besok ini Bunda PAUD akan turun ke Asmat dengan Pak Pj Gubernur dan akan menyerahkan alat permainan edukasi pendidkan. Juga akan ada pelatihan bagi ibu-ibu bagaimana mengola makanan yang bergizi berbasis makanan lokal,’’ pungkasnya.(Get)