Berita Utama

KPU Kabupaten Merauke Lakukan Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wabup 2024

Merauke - KPU Kabupaten Merauke melakukan peluncuran tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Merauke tahun 2024, Jumat (17/5) di Taman Mandala. 

Hendrikus Harbelubun dalam laporan panitia mengatakan tujuan peluncuran adalah

1. Untuk melaksanakan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Merauke dalam Pemilu serentak 2024 

2. Mensosialisasikan penyelenggara dan penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2024 dengan melibatkan partisipasi masyarakat, mengubah pola pikir bahwa pemilihan serentak adalah suatu proses yang menghibur dan menyenangkan dan menjaring keterlibatan masyarakat sehingga masyarakat merasa sebagai bagian penting dalam proses penyelenggaraan pemilihan serentak. 

3. Menyebarluaskan informasi pemilihan bupati dan wakil bupati dalam pemilihan serentak tahun 2024, guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan. 

Peserta dalam peluncuran terdiri dari ketua dan anggota kabupaten, ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Merauke, KPU Provinsi Papua Selatan, Forkopimda, tokoh adat, masyarakat, agama, pemuda, dan tokoh perempuan serta unsur masyarakat.

Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze mengatakan sebagai provinsi baru telah melaksanakan tahapan Pilpres, Pileg dan akan dilanjutkan Pilkada 2024. Ia mengaku bangga seluruh tahapan Pemilu sebelumnya berjalan aman, lancar di Kabupaten Merauke karena tidak ada sengketa di MK atau PSU. 

"Ini kerja dan prestasi yang luar biasa dari KPU Kabupaten Merauke Merauke dan juga keberhasilan dari kita semua. Saya selaku Ketua KPU Papua Selatan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten dan Provinsi, TNI dan Polri serta seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan pada Pemilu sebelumnya sehingga seluruh tahapan Pemilu telah berjalan dengan baik, sukses, aman dan lancar," ujar Theresia dalam sambutannya. 

Pemencetan tombol peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wabup Kabupaten Merauke tahun 2024.

"Pemilihan kepala daerah dilaksanakan 27 November 2024 kurang lebih tinggal enam bulan lagi, dengan waktu yang singkat ini kita dituntut bekerja maksimal dengan tetap berpegang pada pedoman peraturan perundang-undangan yang berlaku dan berpedoman kode etik penyelenggara. Dan dalam proses dan kerja-kerja kita, kita tetap berpegang pada prinsip dan asas kerja yakni terbuka, transparan, bertanggungjawab, akuntabel, berkepastian hukum dan berintegritas," ucapnya lagi. 

Ketua KPU Kabupaten Merauke, Rosina Kebubun menyampaikan, sejak dikeluarkannya PKPU nomor 2 tahun 2024, tentang tahapan dan jadwal pemilihan kepala daerah tahun 2024 maka KPU harus siap melaksanakan tahapan Pilkada. Tahapan sedang mulai dan berproses yakni penetapan dan pelantikan PPD dan menyelesaikan tahapan perseorangan namun tidak memenuhi persyaratan yang diminta sehingga tidak ada bakal calon yang maju melalui jalur perseorangan. Selanjutnya KPU menanti bakal calon yang maju melalui jalur politik. 

Peluncuran tahapan pemilihan kepala daerah tahun 2024 merupakan bagian dari KPU memberikan informasi dan edukasi serta sosialisasikan tahapan pemilu kepada masyarakat Indonesia. "Jika Pileg dan Pilpres telah terlaksana dengan sukses maka kami yakin Pilkada juga akan sukses terlaksana dengan dukungan yang diberikan kepada kami," ucap Rosina. 

Kesempatan berikut, Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan mewakili Pemkab setempat mengapresiasi pelaksanaan Pemilu dari waktu ke waktu berjalan baik. Ia menyakini Merauke tetap mengedepankan kerukunan dan kerjasama untuk mempertahankan kedamaian. "Maka kita tetap berkolaborasi untuk membangun Kabupaten Merauke ke depan yang lebih baik," ajak Wabup.(Get)