Berita Utama

Bandara Mopah Merauke akan Dikembalikan Statusnya Jadi Bandara Internasional

Merauke - Bandara Mopah Merauke, Papua Selatan akan dikembalikan lagi statusnya menjadi Bandara Internasional. Sebelumnya, terminal Bandara ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 30 Oktober 2021.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Selatan, Nelson Sasarari mengatakan Bandara Mopah akan dikembalikan menjadi Bandara Internasional setelah sebelumnya dicabut Kementrian Perhubungan RI dengan pertimbangan khusus.

"Saya tidak tahu pasti alasan pencabutan status sebelumnya, tapi ada kemungkinan akan dikembalikan, mengingat saat ini kita sudah jadi Provinsi Papua Selatan," ujar Kadishub Papua Selatan, Kamis (30/5/2024) di Merauke.

Sehingga lanjut Nelson, pemerintah akan melengkapi seluruh fasilitas sarana prasarana untuk mengoptimalkan pelayanan penerbangan. Salah satu yang sedang dipersiapkan adalah akan dibangun garbarata yang fungsinya menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat. 

"Harus ada langkah teknis yang akan kita lewati karena garbarata ini akan berdiri di area parkir, area parkir harus dibenahi dulu supaya tidak amblas," pungkas Nelson kepada wartawan.

Anggaran yang digunakan untuk pengadaan garbarata terbilang cukup besar, dibutuhkan sekitar 20 miliar. Butuh waktu dan keseriusan untuk perlahan semua fasilitas terpenuhi, apa lagi untuk skala Internasional karena Merauke berbatasan langsung dengan negara PNG dan Australia.

Penting juga dukungan semua pihak dalam rangka kelancaran, keamanan dan kenyamanan di wilayah penerbangan di area tersebut.(Get)