Berita Utama

Ribuan DOC Masuk Merauke, Karantina Lakukan Pemeriksaan

Mersuke - Karantina Papua Selatan di satuan pelayanan Bandar Udara Mopah lakukan pemeriksaan 2.000 ekor Day Old Chicks (DOC) asal Jayapura.

Ribuan ekor anak ayam umur sehari masuk ke Merauke diangkut menggunakan pesawat udara, setibanya di Bnadara Mopah langsung diperiksa administratif dan fisik media pembawa tersebut.

Anak ayam diperiksa petugas Karantina sesampainya di Merauke

Paramedik Karantina Hewan, Andi Tenri Ikasari mengatakan, DOC broiler merupakan unggas yang rutin masuk ke Merauke, Papua Selatan. Peternak akan membesarkan di kandang dalam kurun waktu kurang lebih 30 hari, selanjutnya dagingnya dikonsumsi oleh masyarakat. 

"Media pembawa disertai dokumen Karantina dari daerah asal dan dilengkapi dengan rekomendasi pemasukan dari Dinas. Secara fisik, DOC dalam keadaan gesit dan lincah artinya semua sehat," ujar Tenri, Selasa (11/6/2024).

Kepala Karantina Papua Selatan, Cahyono menyampaikan setiap media pembawa yang keluar dan masuk Merauke harus dilakukan pemeriksaan oleh pejabat Karantina di lapangan. Hal ini untuk memastikan setiap hewan, tumbuhan, ikan dan produk turunannya dalam keadaan sehat dan layak dikonsumsi masyarakat.(Get)