Berita Utama

KPU Provinsi Papua Selatan Adakan Media Gathering

Merauke - KPU Provinsi Papua Selatan mengadakan Media Gathering bersama jurnalis di Kabupaten Merauke dengan tema Peran Media dalam Mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 di Provinsi Papua Selatan.

Divisi Perencanaan dan Informasi, Daniel Ndiwaen mengatakan Media Gathering ini lebih pada membangun komunikasi dan jalin silaturahmi antara anggota KPU dengan insan pers di wilayah setempat, karena pers mempunyai peran penting dalam menyebar dan mempublikasikan informasi berkaitan dengan seluruh proses dan tahapan pemilu kepada masyarakat.

"Belajar dari pemilu sebelumnya, banyak hal yang dibantu dalam pemberitaan dari media masa. Ini sangat luar biasa informasi bisa sampai ke pelosok-pelosok. Kami berharap di Pilkada ini akan ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam memilih dan bersama-sama mensukseskan Pilkada," ujar Daniel di Aula KPU Papua Selatan, Rabu (12/6/2024).

Media Gathering di Aula KPU Papua Selatan. 

Daniel juga mengutarakan, maksud Media Gathering ini ingin membangun komunikasi dengan awak media mengenai tanggung jawab bersama terkait pemberitaan berkaitan dengan kerja-kerja KPU dalam seluruh proses dan tahapan Pilkada 2024. 

Sekretaris KPU Provinsi Papua Selatan Jimmy Winarta menyampaikan, perlu ada bentuk kerjasama yang akan disepakati sehingga berjalan seimbang dan saling menguntungkan. Artinya, KPU membutuhkan media massa untuk membantu dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat, sebaliknya insan pers membutuhkan KPU dalam hal penyampaian statement soal data dan kerja-kerja KPU. 

Kesempatan yang sama, Kabag Perencanaan, Data dan Informasi, Yuliana CH. Handayani menuturkan KPU butuh sinergitas untuk menciptakan pemberitaan yang baik dan membangun, sehingga pihaknya tidak memilih-milih entah media besar atau kecil semua perlu diakomodir untuk bisa bekerja sama mencapai tujuan bersama yaitu mensukseskan Pemilu besok. 

Dalam kesempatan itu juga, beberapa perwakilan media mengutarakan poin-poin yang memang perlu diperhatikan dan diakomodir pihak KPU. Salah satunya menyiapkan ruang Media Center dan juru bicara yang selalu siap guna memudahkan wartawan dalam mengakses informasi seputar Pemilu. Kemudian, ada pemberitahuan ketika ada kegiatan yang perlu melibatkan wartawan terutama dalam proses yang memang diperuntukkan untuk informasi publik supaya dapat dikawal, kecuali yang bersifat internal.

Masukan dan saran dalam pertemuan tersebut disepakati akan ditindaklanjuti dan diawali dengan membuat grup Whatsap khusus sebagai sarana koordinasi dan penyampaian informasi.(Get)