Berita Utama

437 Caleg Merauke Ikuti Deklarasi Kampanye Bersama

 
Senin (24/09), KPUD Merauke menyelenggarakan deklarasi kampanye bersama di Taman Mandala diikuti 437 calon anggota legislatif (caleg) yang akan merebut 30 kursi legislatif di Kabupaten Merauke.  
 
Terhadap 437 caleg dan partai politik (Parpol) Ketua KPUD Merauke, Antonius Kaize mengajak untuk gunakan cara-cara kampanye yang damai, sehat dan hindari fitnah, benci dan pernyataan hoax. 
 
"Jangan ajak rakyat untuk berkelahi. Tunjukan kepada rakyat Merauke bahwa anda adalah orang-orang cerdas yang akan mewakili mereka untuk kelanjutan pemerintahan lima tahun ke depan," ucapnya dalam sambutan pada pembukaan kampanye.
 
Deklarasi kampanye ini sebagai awal dimana para caleg akan melakukan kampanye kepada warga Merauke. Untuk itu dia mengajak kepada masyarakat di bumi Anim Ha dapat memberikan penilaian terhadap para caleg selama masa kampanye.
 
 "Inilah saatnya anda memberikan penilaian kepada 437 calon anggota DPRD yang akan akan merebut 30 kursi. Nilailah mereka secara objektif, jangan pilih mereka yang memberi anda uang. Pilihlah mereka yang mampu mengaspirasikam rasa susah dan sedih anda," tegasnya.
 
Ketua KPUD Merauke mengatakan warga harus lebih cerdas dalam menentukan wakil rakyat. Jangan pilih yang mengajarkan untuk memfitnah dan menjatuhkan sesama yang lain. Pilihlah orang orang hebat yang mampu menunjukan bahwa dia pantas menjadi wakil anda, tegasnya lagi. 
 
Ketua Bawaslu Merauke, Oktofina di kesempatan berikutnya mengajak semua pihak dalam pelaksanaan pemilu nanti, sama-sama berperan dalam pengawasan berjalannya Pemilu. 
 
Sementara Kapolres Merauke, AKBP. Bahara Marpaung, SH menyampaikan dalam kampanye damai, tidak ada pelanggaraan tindak pidana Pemilu, tidak ada kecurangan.
 
"Saya minta rekan-rekan penyelenggara pemilu untuk laksanakan tugas dengan baik, profesional dan objektif. Bawaslu, dalam pengawasan sesuai aturan yang ada, tim penegak hukum terpadu (gakumdu), menerima laporan atau pengaduan masyarakat, melalukan analisa dan evaluasi dan disimpulkan jenis pelanggarannya." 
 
Wakil Bupati Merauke, Sularso, berharap momentum deklarasi damai diharapkan dapat diimplementasikan dalam pemilu yang jujur, adil dan bermartabat. Sebagai pemimpin daerah dan pembinaan politik ia mengapresiasi penyelenggara pemilu gubernur di Papua Merauke sebagai daerah pelaksanaan pemilu terbaik di Papua.
 
"Berkat kerjasama yang baik dari semua pihak, diharapkan pemilu tahun 2019 baik pemilihan calon anggota legislatif maupun calon presiden tetap berjalan aman dan demokratf," tandasnya.
 
Kegiatan dilanjutkan dengan pengucapan deklarasi damai oleh pimpinan atau perwakilan 16 partai politik dan diakhiri dengan penandatanganan fakta integritas kemanan.