Berita Utama

Bupati Freddy: Pembangunan Kampung Harus Meningkat Seiring Peningkatan Anggaran

Bupati Merauke Frederikus Gebze menekankan, bahwa dengan terus bertambah atau meningkatnya anggaran yang digelontorkan pemerintah ke kampung dari tahun ke tahun hendaknya kemajuan kampung harus terus meningkat.
 
"Anggaran naik terus, pembanguanan di kampung harusnya semakin meningkat. Anggaran naik, kampung juga naik," ujarnya dalam menghadiri kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) di Gor Hiad Sai Merauke, Selasa (11/12).

Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovatif masyarakat yang berkembang di desa-desa. BID merupakan bagian tak terpisahkan dari model Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan/Distrik dan Desa.

BID adalah ajang pertukanan 'jual-beli' cara-cara atau solusi yang telah dinilai inovatif terutama terkait kegiatan pembangunan desa di bidang infrastruktur, pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan. 
 
Disampaikan, BID dilaksanakan untuk membantu desa dalam meningkatkan kualitas pembanguanan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberikan inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembanguanan desa.
 
"BID menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yag lebih efektif dan inovatif," ucapnya. 
 
Kesempatan itu, dilanjutkan dengan kunjungan pada stand pameran yang berkaitan dengan pengembangan infrastruktur, ekonomi lokal dan kewirausahaan dari Penyelenggara BID yaitu Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) di Halaman Gor Head Sai.(geet)