Berita Utama

Penerbangan Subsidi Angkutan Udara Perintis 2019 KPA Mopah Merauke Dibuka

Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kantor Unit Penyelenggara Bandara (UPB) Kelas I Mopah Merauke menyelenggarakan pembukuan penerbangan perdana subsidi angkutan udara perintis tahun 2019 KPA Mopah Merauke, Senin (01/04/2019).
 
Kepala Kantor UPB Kelas I Mopah Merauke, Agus Irianto mengatakan rute penerbangan pesawat Susi Air yang baru dilakukan akan melayani 15 rute. Yakni, Merauke-Mindiptana, Merauke-Wanam, Merauke-Bade, Merauke-Senggo, Merauke-Ewer, Merauke-Suru dan beberapa daerah selatan Papua lainnya.
 
"Penerbangan perintis ini merupakan penerbangan bersubsidi dan sangat bermanfaat bagi masyarakat di pelosok Papua Selatan," ucap Kabandara, dalam sambutannya.
 
Ia menyebutkan, tarif Subsidi relatif murah. Namun, yang harus diwaspadai dan diantisipasi jangan sampai terjadi kenaikan tarif akibat permainan calo atau pihak yang ingin mencari keuntungan.
 
"Saya mohon bantuan kita semua terutama Otoritas Bandara untuk ikut berperan mengawasi penerbangan perintis," pintanya.
 
Selain itu, ia juga menekankan kepada pihak terkait untuk melakukan evaluasi pelayanan perintis dalam penerbangan dengan rute yang sudah ditentukan agar lebih baik lagi pelayanannya dan tepat guna.
 
Kegiatan ditandai dengan pemasangan topi adat kepada Pilot PT. Pudjiastuti Aviantion di Appron Bandara Mopah Merauke oleh Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Maria Kristi Endah Murni sebagai tanda penerbangan perdana perintis 2019 dimulai.(geet)