Berita Utama

49 Kepala Kampung Di Merauke Dilantik Bupati

Bupati Merauke Frederikus Gebze melatik 49 Kepala Kampung Pada 11 Distrik di Kabupaten Merauke, Senin (17/12) di Auditorium Kantor Bupati Merauke.
 
Para kepala kampung yang baru dilantik diharapkan siap melaksanakan tugas meski berada di daerah terisolir. Bupati kembali tekankan, anggaran kampung dari tahun ke tahun terus bertambah, diharapkan kampung terus berkembang di semua bidang seiring meningkatnya anggaran. 
 
"Masing-masing kepala kampung harus dapat mengukur kemajuan kampung dari tahun ke tahun. Kepala kampung yang sudah menjalankan dan yang akan melanjutkan tugas dan tanggungjawab bisa mengukur keberhasilannya selama dan saat memimpin di kampung," ucap Freddy dalam sambutannya.
 
Kata Freddy, kampung harus jadi kampung yang maju bukan kampungan, mempunyai semangat dan tampilan yang baik dan menarik. Tugas kepala kampung adalah menyelenggarakan pembanguanan serta pembinaan terhadap masyarakat.
 
Ia juga menegaskan agar para kepala kampung tidak terlibat politik, utamakan melayani warga dan tugas-tugasnya. "Saya tau, saya pecat. Jangan mau diinterfensi atau dimanfaatkan," tegasnya.
 
Lanjut dia, seoarang kepala kampung harus taat, tunduk, loyal, dan mampu mengelola anggaran sebaik-baiknya demi kemajuan masyarakat di kampung.
 
Selain itu, tetap menjaga alam, adat istiadat budaya, dan takut akan Tuhan dengan melakukan apa yang dikehendaki-Nya dan menjauhakan larangan-Nya. Sebab yang menyebabkan bencana alam adalah manusia yang tinggal di dalamnya.
 
Dikatakan, ada kampung yang masih bermasalah sehingga tidak masuk dalam pelantikan. "Selama persoalan belum terselesaikan kita tidak lantik. Jangan sudah naik  lalu diturunkan. Demi kebersamaan maka kita harus pertimbangan," tandasnya.(geet)