Berita Utama

Rapat Evaluasi Data Pemilih 2019 Provinsi Papua Digelar Di Merauke

KPU Provinsi Papua menyelenggarakan rapat evaluasi data pemilih Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Merauke, dimulai tanggal 09 -11 Juli 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kembali kinerja KPU Provinsi, Kabupaten/Kota di Papua.
 
"Kita akan memperbaiki data-data pemilih selanjutnya.Target dan sasaran yang akan dicapai selalu terpeliharanya data pemilih yang akurat. Proses data pemilih yang berkelanjutan, transparan dan akuntabel dengan menggunakan aplikasi Sidalih," jelas Komisioner KPU Provinsi Papua Divisi Data dan Informasi Diana Dorothea Simbiak, S.Sos di Swiss-belHotel Merauke, Selasa (09/07/2019) malam.
 
Lanjutnya, pengalaman Pemilu 2019 lalu terdapat banyak persoalan data untuk dijadikan perhatian serius sekaligus sebagai persiapan pelaksanaan Pemilu kepala daerah pada 2020. Meskipun demikian, partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Provinsi Papua mencapai 91 persen. Hampir semua daerah mempunyai partisipasi yang cukup tinggi. 
 
"Pemilu berikut, baik provinsi dan masing-masing kabupaten dan kota harus mempersiapkan data yang valid yang disinkronkan didalam aplikasi Sidalih," ucap Diana.
 
Kesempatan itu, Ketua KPU Merauke Theresia Mahuze menyampaikan terimakasih kepada KPU Provinsi Papua karena telah memilih Kabupaten Merauke sebagai tuan rumah pelaksanaan rapat evaluasi data. Ia menyampaikan, berkaitan dengan data, di Kabupaten Merauke tidak ada masalah karena ada dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak.(geet)