Berita Utama

Bupati Merauke Sampaikan Pesan-Pesan Kedamaian

Menyikapi situasi saat ini di Papua dan Papua Barat, Bupati Merauke, Frederikus Gebze menyampaikan tiga pesan kedamaian kepada seluruh masyarakat Papua dan Papua Barat, terutama masyarakat Kabupaten Merauke, yakni tetap menjaga kedamaian di tanah Papua Bumi Anim Ha, bersatu menghormati adat istiadat, budaya tanah Anim Ha dan bisa menahan diri terhadap segala gejolak.

“Mari kita jaga Negeri ini seperti lima mata air kehidupan seperti Kali Fly, Maro, Kumbe, Bian dan Digoel,” demikian himbauannya disampaikan dalam apel bulanan Korpri, Senin (02/09/2019) di Halan Kantor Bupati Merauke.

Sebagai orang asli Papua, dari ufuk Timur Indonesia Selatan Papua, ia menyerukan, bahwa bersama segenap masyarakat yang hidup dan tinggal di atas tanah Papua tetap menjaga, merawat dan melindungi ibu pertiwi dan akan tetap menghargai segala perjuangan yang sudah dilakukan oleh para leluhur.

Menurutnya, persolan yang tengah terjadi di Papua adalah masalah Nasional maka harus diselesaikan secara bersama-sama. Bergandengan tangan dengan penuh kasih duduk bersama guna meredam gejolak yang terjadi.

Sebagai umat beriman, setiap orang haruslah takut akan Tuhan dan selalu meminta tuntunan dan berkat-Nya melalui doa, yang diiringi dengan pikiran yang baik, perkataan, tindakan yang baik serta bertanggungjawab.

Pesan perdamaian itu diaplikasikan dengan bersama anggota korpri melakukan barisan melingkar dengan posisi orang asli Papua berada di tengah lingkaran dengan memegang Bendera Merah Putih, sambil bergandengan tangan, lalu dikelilingi oleh pendatang dengan memegang bahu dari belakang orang asli Papua sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.(geet)