Berita Umum

Satgas Pamtas Pastikan Patok Perbatasan Aman

Satgas Pamtas Pastikan Patok Perbatasan Aman

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad melaksanakan patroli pemeriksaan patok perbatasan Negara Republik Indonesia dengan Papua Nugini (RI-PNG), Senin, (05/02).

Patroli dipimpin langsung Komandan Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad, Letnan kolonel Inf Agust Jovan Latuconsina, dengan membawa 12 anggotanya.

Patroli ini merupakan salah satu implementasi tugas pokok Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas) yang disebar di seluruh perbatasan darat wilayah NKRI.

“Tujuan pengecekan ini, untuk mencegah berbagai upaya yang dapat merusak atau mengubah kondisi patok dari berbagai ancaman, juga menjaga setiap jengkal wilayah kedaulatan NKRI, sehingga kedaulatan negara tetap terjaga,” katanya di Merauke, Senin (05/02).

Pada patroli kali ini, tim berhasil mencapai patok MM 10, setelah sebelumnya sudah dua patok yang berhasil diperiksa, yaitu patok MM 11.A oleh Pos Rawa Bastop dan MM 11.5 oleh Pos Kweel Satgas Yonif Raider 323 Kostrad.

Menurutnya, patok MM 10 berada di tepi Sungai Fly, berbatasan langsung dengan PNG. Berbagai rintangan dan hambatan berhasil ditaklukkan tim patroli demi mencapai posisi patok tersebut.

“Setelah menempuh perjalanan darat kurang lebih 50 kilometer, tim melanjutkan perjalanan melintasi rawa-rawa dan sungai menggunakan longboat,” ujarnya.

Katanya, setelah tiba di patok perbatasan, tim melaksanakan pembersihan di sekitar area patok dan memeriksa kondisi patok, untuk selanjutnya dilaporkan ke satuan atas sebagai bahan masukan.

“Ini merupakan perintah dan amanah dari Kolakops, kami akan memeriksa dan menjaga seluruh patok yang dipertanggungjawabkan selama kami bertugas” ucapnya.