Berita Umum

Membuka Musrenbang Tingkat Distrik, Romanus Tegaskan Lemahnya Penerimaan Daerah

Dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Merauke tahun 2022, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat distrik di Kantor Bappeda dan Litbang, Rabu (17/03).

 

Musrenbang dimaksudkan untuk mendapat masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka menyempurnakan perencanaan RKPD tahun 2022.

 

Dalam sambutan pembuka, Romanus menegaskan poin-poin penting mengenai kondisi keuangan daerah, yakni pertumbuhan penerimaan APBD sejak 2018-2021 yang kian melemah, serta pengeluaran perjalanan dinas keluar Merauke dan keluar negeri dengan nilai yang fantastis.

 

"Saya lihat perjalanan dinas keluar Merauke di tahun 2018, tahun 2019 bisa mencapai 200 miliar lebih dan perjalanan keluar negeri 900 miliar. Kamu bikin apa di luar negeri," sebut Romanus.

 

Menurutnya, seharusnya anggaran sebesar itu dipergunakan untuk membangun perumahan atau kebutuhan masyarakat yang ada di kampung-kampung seperti pendidikan dan infrastruktur jalan yang belum tuntas.

 

Untuk itu, kembali dirinya menjabat sebagai kepala daerah akan lebih teliti dalam penggunaan APBD maupun APBN supaya lebih tepat sasaran.

 

"Susun usulan program baik-baik. Saya agak keras, saya mau Merauke ini maju. Kalau selesai memimpin harus ada bekas tangan," tutup Romanus.