Berita Umum

Kuota Penerimaan CPNS 2021, Kabupaten Merauke Utamakan Honor Daerah

Penjabat Sekertaris Daerah Kabupaten Merauke, Ruslan Ramli mengatakan, dalam waktu dekat akan ada kuota penerimaan CPNS tahun 2021 bagi para honorer, prioritas honor daerah (Honda).

 

Hanya saja, jumlahnya masih tentatif belum mengetahui berapa banyak yang diberikan untuk Kabupaten Merauke. Untuk itu, Bupati Merauke Romanus Mbaraka sedang memperjuangkan agar para honor daerah seluruhnya sebisanya terakomodir.

 

Bupati Romanus juga memerintahkan Sekda Merauke mengumpulkan para honorer yang sudah bekerja sejak tahun 2003-2014, guna menyampaikan informasi berkaitan dengan persiapan berkasnya.

 

"Kalau memungkinkan, seluruhnya. Tapi kalau lebih separuh yang terakomodir, itu jauh lebih bagus. Kita geser pelan-pelan supaya jumlah honorer kita tidak membebani APBD," trang Ruslan Ramli dihadapan 711 honor daerah di Halaman Kantor Bupati Merauke, Sabtu (17/04).

Ramli menambahkan, ketika Pemkab berhasil mendorong honorer untuk menjadi ASN, maka kemudian itu akan menjadi beban Dana Alokasi Umum (DAU) dalam penggajian. Karena hal tersebut akan menjadi salah satu indikator dalam penentuan besaran DAU untuk Kabupaten Merauke.

 

Para honorer diminta segera mengupdate dokumen, salah satunya nota dinas bupati. Sehingga pada saat pemberkasan, kelengkapan dokumen sudah aman. 

 

Sementara total honor secara keseluruhan di Pemkab Merauke sekitar 3000 lebih yang sementara masih divalidasi datanya oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD). 

 

"Baik honorer yang diangkat dengan SK Kepala Dinas atau yang dikontrak, nanti ada kebijakan," tutup Ramli