Berita Umum

Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC Ajak Semua Orang Saling Membantu dan Ciptakan Perdamaian

Di hari ulang tahun (HUT) yang ke-72 tahun 2021, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC mengajak semua orang saling membantu dan ciptakan kedamaian dalam kehidupan setiap hari.

 

Demikian pernyataan ini disampaikannya dalam resepsi sederhana pada HUTnya yang ke-72 tahun yang diadakan di Sekertariat Keuskupan Agung Merauke, Selasa (27/04) malam.

 

"Saya ajak kita semua ciptakan perdamaian dan saling membantu satu sama lain. Terutama bagi masyarakat kecil agar mereka tidak kekurangan perhatian," ungkap Uskup Mandagi dalam sambutannya.

 

Seperti yang pernah dialaminya di Kota Ambon, bahwa banyak masyarakat berteriak untuk merdeka. Namun, sesungguhnya mereka hanya kekurangan perhatian dari pemerintah. Oleh karena itu, perlu ada pendekatan dari pemerintah agar rakyat punya harapan untuk tetap bertahan hidup.

Dalam kondisi demikian, selaku pemimpin agama Katolik, Ia tetap berdiri di tengah-tengah untuk menciptakan perdamaian, karena banyak sekali di media massa, online maupun media lainnya yang memprovokasi keadaan dengan menciptakan opini yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

 

"Sangat indah apabila kita semua menciptakan perdamaian, karena bagi saya apabila kita mempunyai satu saja musuh, itu sangatlah mengganggu dan itu sama saja kita belum bisa menciptakan kedamaian," tuturnya.

 

Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Merauke Pastor Johanes Kandam, Pr pada kesempatan itu meminta dukungan doa dari umat agar Mgr. Petrus Canisius Mandagi selalu sehat dan pajang umur untuk terus melayani Tuhan dan umat gembalaannya dan semua orang.

 

"Bapak Uskup Agung dikenal dengan Bapak yang membawa damai. Sesuai dengan misinya adalah membawa kedamaian di dunia. Mari kita sama-sama menciptakan kedamaian di tanah ini, kita hidup rukun dan damai," ajak Pastor Jhon.

 

Kesempatan itu, dihadiri oleh biarawan dan biarawati, Bupati Merauke, Bupati Mappi, Danrem 174/ATW, Dandim 1707/Merauke, Kapolres Merauke, dan tamu undangan lainnya.